Buset, Harga Bunga Telang Tembus hingga Rp 500 Ribu

  • Whatsapp

Tak ada yang menyangka tentunya bila bunga telang yang ada di sekitar rumah memiliki nilai jual tinggi. Ditangan yang tepat bunga dengan bentuk khas ini bisa tembus hingga Rp 500 ribu untuk satu kilogramnya.

bunga telang
kanaljogja.id

Dan bila ternyata di sekitar rumah kamu ada jenis bunga ini maka tak ada salahnya untuk mencoba mengolah. Kini ada banyak tutorial di YouTube tentang cara mengolah bunga telang menjadi berbagai macam olahan.

Paling praktis tentu saja menjadi teh Bunga Telang. Kalaupun tidak bisa dijual minimal untuk dikonsumsi satu keluarga sebagai upaya menjaga daya tahan tubuh.

Khasiat Bunga Telang

Melonjaknya harga bunga dengan warna menarik ini bukan tanpa alasan. Konon, bunga ini mampu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Satu kondisi yang kini sangat dibutuhkan tubuh agar tidak mudah terpapar Covid-19.

Dikutip dari iNews, adalah Danang Ari Krisnadi warga Desa Sidomulyo, Bambanglipuro, Bantul, yang telah sukses mengolah bunga telang menjadi satu produk dengan harga tinggi. Menurutnya bunga ini bila dikeringkan maka bisa dijual mulai harga Rp 150 ribu hingga Rp 500 ribu.

Kembang Telang ini memiliki nama latin Clitoria Ternatea dan memiliki warna biru atau ungu ini ternyata kaya manfaat. Satu yang kini sangat dicari masyarakat tentu saja berbagai upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Tak banyak yang tahu bila bunga yang mirip organ kelamin perempuan ini bisa diolah menjadi berbagai produk. Namun hingga kini yang paling banyak diminati diolah menjadi teh bunga telang.

Cara membuat kembang ini menjadi teh juga sangat sederhana. Cukup memilih bunga dalam kondisi terbaik kemudian dioven agar kadar airnya berkurang. Setelah itu dijemur di bawah matahari untuk mendapat hasil optimal.

Mengkonsumsi bunga telang sebagai sebuah minuman juga sangat mudah. Layaknya bikin teh pada pada umumnya dan cukup tambahkan air panas.

Untuk memudahkan dalam proses pemasaran dan lebih dikenal publik maka Danang menggunakan label Ash-Shikhah. Produk itu kemudian dikemas dan dijual mulai harga Rp 5 ribu hingga Rp 25 ribu untuk satu pack-nya.

Tak hanya untuk imunitas saja, bunga ini juga bisa digunakan untuk obat sakit mata, pewarna rambut, dan menurunkan kolesterol. Bagi mereka yang mampu berkreatifitas juga bisa digunakan sebagai bahan kosmetik.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *