Mengenal Teh Sangit Desa Nglinggo

  • Whatsapp

Ada banyak teh yang tercipta dari percampuran bahan-bahan alami. Kesemuanya mengandung keunikan dan manfaatnya masing-masing.

Ada yang menyukai jenis campuran dengan keharuman bunga melati tapi banyak juga yang menyenangi teh beraroma original.

Bacaan Lainnya

Meminum teh baik untuk kesehatan tubuh khususnya kulit karena mengandung anti oksidan tinggi. Walaupun begitu, penikmat teh harus ekstra waspada untuk tidak mengkonsumsi secara berlebihan. Menurut penelitian teh mengandung kadar kafein yang cuup tinggi di bandingkan kopi.

Namun, sesekali menyeruput secangir teh tidak ada salahnya. Menikmati secangkir teh tidak hanya dapat dilakukan di halaman belakang rumah saja. Para pecinta teh yang sedang berada di Jogjakarta dapat mampir ke desa wisata Nglinggo untuk menikmati sajian teh khas desa wisata ini.

Di desa Nglinggo anda akan disajikan pemandangan khas pegunungan dengan hamparan tanaman teh disepanjang mata memandang. Selain sektor wisatanya, desa Nglinggo juga mengandalkan minuman khas desanya untuk diperkenalkan kepada wisatawan.

Adalah teh sangit yang menjadi andalan. Berbeda dengan kebanyakan seduhan teh lainnya, teh asal desa Nglinggo akan terasa sangit ketika dihirup uapnya. Hal ini dikarenakan proses pengeringanya yang sedikit berbeda dengan teh pada umumnya.

Pengeringan daun dan batang teh yang masih muda dikeringkan dengan menggunakan kuali dari tanah liat. Sedangkan proses penyeduhan dilakukan secara sederhana pula. Satu sendok teh akan diseduh bersama gula aren yang dihasilkan oleh masyarakat sekitar. Untuk harga, jangan khawatir. Karena dipetik dari kebun sekitar masyaraat menjualnya dengan harga yang wajar.

Aroma menenangkan dari daun teh, rasa dan aroma sangit ditambah gula aren bisa dipastikan akan memikat lidah penikmat teh. Segala kenikmatan ini akan bertambah jika anda menyeruputnya di tempat. Suasana dingin pegunungan bisa menambah kenikmatan meneguk segelas teh sangit hangat batan warga desa Nglinggo.

Untuk yang ingin membawa pulang teh ini sebagai oleh-oleh juga bisa. Sebungkus teh sangit kering dapat dibawa pulang pengunjung dalam plastik kedap udara. Aman untuk dibawa dalam perjalanan panjang pulang ke kampung halaman.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *