Horotoyo, Tiket Mudik Jakarta Jogja Ludes

Tiket mudik kereta api dari Jakarta menuju Jogja telah ludes beberapa saat pasca pembukaan penjualan tiket secara online. Hal ini karena tiket telah bisa dibeli sejak 90 hari sebelum hari keberangkatan.

kereta api
shutterstock.com

Informasi tersebut disampaikan Manager Corporate Communication PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Gatut Sutiyatmoko, kepada KR Jogja, Rabu (15/4/2015) malam. Tak tersisanya tiket mudik yang ada ini menunjukan bahwa Kereta Api masih menjadi pilihan warga Jogja untuk pulang kampung.

Ludesnya tiket hingga H-3 menjadi bukti meski saat ini banyak pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi tapi tetap saja yang satu ini masih memiliki tempat. Lebih jauh dijelaskan bahwa tiket H-3 Lebaran ini baru dilepas sejak tanggal Rabu, 15 Juli 2015 pukul 00.00 WIB.

Secara keseluruhan dari H-7 hingga H-3 sebelum lebaran tiket yang disediakan untuk pulang kampung dari Jakarta menuju Jogja hanya tinggal 15 persen. Tiket tersebut hanya tersedia untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Tugu.

Pemudik Harus Berkaca Dari Tahun Sebelumnya

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tiket yang menjadi buruan warga adalah kelas ekonomi dan bisnis. Sementara itu untuk tiket eksekutif kurang begitu di minati karena harganya jauh diatas tiket ekonomi.

Gatut juga berkeyakinan bahwa tiket H-2 yang telah bisa di pesan Kamis (16/4/2015) dini hari akan mengalami hal serupa. Menurutnya hanya butuh waktu beberapa jam saja pasca pembukaan penjualan maka tiket akan langsung habis.

Berdasar pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, tiket H-2 dan H-1 menjadi periode atau waktu paling cepat dalam penjualan tiket. Terlebih dengan system penjualan secara online maka siapapun bisa melakukan pembelian tiket di rumah dan pembayarannya menggunakan m-Banking.

Namun bagi yang belum kebagian tiket jangan terlalu kuatir. Pasalnya nanti pihak Kereta Api Indonesia akan mengeluarkan gerbong tambahan. Dimungkinkan rangkaian tambahan ini akan dijual pada bulan depan.

Sebaliknya, tiket dari Jogja menuju Jakarta masih tersedia cukup banyak untuk mudik. Dan peningkatan pemesanan tiket dari Jogja menuju Jakarta akan dimulai sejak H+1 hingga H+7. Untuk tiket H+1 ini baru akan dilayani mulai tanggal 20 April 2015 nanti.

Pos terkait