Melihat Lebih Dekat Proses Pembuatan Alat Musik Tradisional Daliyo Gamelan

  • Whatsapp

Ingin mencoba liburan yang berbeda, unik dan lain daripada yang lain maka datanglah ke Desa Baturetno, Banguntapan, Bantul. Disini terdapat produsen alat musik tradisional yang dikenal dengan Daliyo Gamelan.

daliyo gamelan
tempo.co

Melihat lebih dekat proses pembuatan gamelan tentu akan memberi pengalaman berbeda. Bukan hanya membutuhkan tangan yang kokoh tapi juga ketrampilan.

Suatu pemandangan yang barang tentu tak akan ditemukan di daerah lain. Untuk menuju lokasi yang berada di Jalan Pelem Lor, RT: 03/01, Desa Baturetno itu tidak luah sulit.

Dari Kota Jogja ambil arah ke timur menuju Ring Road Timur hingga menemukan Jalan Maguwo. Selanjutnya saat sampai di Desa Baturetno tinggal ambil jalan ke kiri masuk Jalan Pelem Lor.

Baca juga: Kolaborasi Gamelan dan Musik Zaman Now

Daliyo Gamelan Dibuat Manual

Berbeda dengan alat musik lain yang bisa dikerjakan dengan mesin atau robot. Gamelan hanya bisa dikerjakan manual oleh tangan-tangan terampil dan terlatih.

Secara umum alat musik gamelan terdiri dari 24 jenis dan hanya 5 jenis yang bisa terbantu alat-alat yang lumayan canggih. Lima jenis alat musik tersebut adalah bende, siter, rebab, suling dan japan.

Selebihnya ada 19 jenis alat musik yang bisa di bilang dikerjakan manual. Semua itu karena dalam penyetelan tangga nada tidak bisa atau tepatnya belum bisa dengan alat modern. Hasilnya tentu bukan hanya alat musik biasa tapi juga memiliki nilai seni yang tinggi.

Proses Pembuatan Gamelan

Semua alat musik gamelan yang berasal dari logam harus terlebih dahulu dipanaskan untuk kemudian di bentuk. Setelah terbentuk baru dimulai tahapan untuk memastikan sesuai dengan tangga nada yang dimaksud.

Sementara itu untuk bahan yang berasal dari kayu harus diukir. Menjadi sarana berekspresi dan berestetika dalam bingkai yang bernama gamelan.

Usaha Daliyo Gamelan telah dirintis sejak tahun 1957 dan bisa ditebak bahwa Mbah Daliyo lah sebagai pioneer-nya. Pelan tapi pasti usaha yang berbahan baku besi rongsokan ini berkembang. Menjadi alat musik yang kemudian selalu digunakan dalam pementasan dalam berbagai kesenian tradisional.

Proses pengerjaan alat musik warisan budaya ini tidak lah mudah. Untuk membuat satu set Daliyo Gamelan setidaknya membutuhkan waktu antara 2 hingga tiga bulan. Bertambahnya waktu pengerjaan biasanya lebih dalam proses finishing seperti tambahan ukiran atau kehalusan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *