Ini dia Perguruan Tinggi di Jogja Akreditasi A selain UGM

  • Whatsapp

Berbicara t
Mungkin publik akan langsung menduga Universitas Negeri Yogyakarta (3127/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016) termasuk satu di dalamnya. Dan itu betul sekali, kampus yang letaknya tak jauh dari UGM ini penyandang akreditasi A.

Perguruan tinggi yang dulu bernama IKIP Yogyakarta ini sering kali menjadi opsi kedua manakala tidak bisa masuk UGM. Sama-sama membanggakan tentunya dapat menimba ilmu dengan kampus yang memiliki jam terbang tinggi dalam mencetak sarjana.

Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta (283/SK/BAN-PT/Akred/PT/VIII/2014) juga mampu mempertahankan akreditasinya. Kampus yang letaknya di Jalan Solo ini selain dikenal sebagai pencetak intelektual muda juga dikenal sebagai kampus santri.

Selain tiga kampus yang dulu identik dengan kampus negeri tersebut masih ada 5 perguruan tinggi swasta yang patut diperhitungkan.

Masih berdekatan dengan UGM, UNY dan UIN Sunan Kalijaga, Universitas Sanata Dharma (Sadhar) ini juga menyabet akreditasi A. Akreditasi ini mengacu pada SK nomor 2993/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016.

Meski status kampus swasta tapi jangan salah kampus ini mampu bersaing di kancah nasional. Hal ini terbukti menjadi salah satu kampus dengan akreditasi terbaik diantara 68 perguruan tinggi di Indonesia yang menyabet akreditasi A.
Universitas Kristen Duta Wacana (3290/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2017) juga menjadi salah satu kampus yang wajib menjadi list utama. Alasan paling wahid tentu saja terkait akreditasinya.

Bisa dibilang akreditasi menjadi salah satu poin penting bagi perusahaan untuk merekrut calon karyawan. Akreditasi A seolah menjadi jaminan mutu bila si kandidat diproses dengan cara yang baik selama di kampus.

Selanjutnya 3 kampus di Jogja dengan akreditasi A adalah Universitas Islam Indonesia (5248/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2017), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (5237/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2017) dan Universitas Ahmad Dahlan (3632/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2017). Ketiga kampus tersebut mengalami peningkatan yang sangat signifikan baik dalam kualitas maupun kuantitas peserta didik lainnya.

Jadi bila kamu tahun ini hendak kuliah di Jogja, pastikan dulu untuk mengecek 8 perguruan tinggi akreditasi A diatas sebelum melirik kampus lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar

  1. UAD memang semakin bagus, dulu mah masih berjuang bngat.
    Uang kuliahnya sekarang lumayan bikin geleng-geleng kepala