Jenis-jenis Investasi yang Bisa Dipilih Millennials

Saat ini bisa dibilang menabung bukan lagi opsi terbaik. Ada cara lain yang bisa lebih menguntungkan dan kita mengenalnya sebagai investasi. Agar tidak salah pilih maka pahami jenis-jenis investasi yang ada.

jenis-jenis investasi
pixabay.com

Tujuannya sudah pasti untuk mengoptimalkan dana yang ada. Upayakan dana atau uang yang ada bekerja dengan baik sehingga nilainya akan terus bertambah.

Investasi sendiri dapat dikatakan sebagai kegiatan menempatkan uang atau harta berharga lainnya ke investor. Dalam hal ini bisa berupa perorangan, lembaga atau benda lainnya.

Mungkin dalam benak kita, investasi yang populer itu berupa emas, tanah dan bangunan atau bisa juga reksadana, saham atau obligasi. Namun faktanya kini seseorang bisa berinvestasi dalam bentuk mata uang kripto.

Meski kalah populer dengan investasi pada umumnya tapi semakin ke sini peminat kripto kian meningkat. Khususnya dikalangan anak muda, mata uang tak berbentuk ini mampu menghasilkan keuntungan yang sangat besar.

Jenis-jenis Investasi

Pada umumnya, jenis investasi berdasar tujuan dan waktu bisa dibagi menjadi 3 jenis. Mulai dari jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Berikut penjelasan dari masing-masing jenis investasi:

1. Investasi Jangka Pendek

Mereka yang ingin perputaran uang dalam waktu cepat tentu sangat cocok memilih jenis investasi ini. Dana atau modal disiapkan pun biasanya tidak cukup besar.

Jenis investasi ini pada umumnya hanya akan berjalan dalam waktu 1 hingga 3 tahun dan setelah itu akan dipanen. Para pelaku biasanya akan memilih aset atau produk yang minim risiko.

Selain itu juga memiliki karakter sederhana, fluktuasi nilai relatif stabil dan likuiditas tinggi. Bila butuh dana mendadak maka langsung bisa dikonversi ke rupiah.

2. Investasi Jangka Menengah

Mereka yang memilih investasi jangka menengah biasanya memiliki tujuan finansial yang jelas. Semisal seseorang yang memulai pekerjaan dan dalam beberapa tahun ke depan akan menikah.

Atau orang tua yang tahu anaknya kelak akan masuk perguruan tinggi dan tentu butuh dana besar. Pada umumnya terjadi dalam kurun waktu 3 hingga 10 tahun yang akan datang.

Mengingat waktu yang lumayan panjang maka tak ada salahnya untuk pilih instrumen yang sedikit lebih tinggi daripada mereka yang melakukan investasi jangka pendek. Semakin tinggi risiko diharapkan semakin tinggi pula nilai didapat.

3. Investasi Jangka Panjang

Terakhir untuk jenis-jenis investasi ada investasi jangka panjang. Biasanya proses investasi ini diatas 10 tahun. Paling lumrah adalah ketika seseorang memutuskan untuk membeli rumah atau tanah.

Selain berharap untuk tujuan akhir mendapat dana yang cukup besar biasanya jenis ini juga menghasilkan pasif income. Atau setidaknya bisa digunakan untuk dana darurat.

Investasi Paling Menguntungkan Bisa Dipilih

Dari sisi keamanan, bisa jadi investasi berupa logam mulia dan tanah menjadi yang pertama dan utama. Namun berbicara tentang investasi paling menguntungkan bisa jadi jatuh pada produk lainnya.

Apalagi kalau bukan pada produk digital dan mata uang kripto. Dua hal ini mampu berkembang sangat pesat. Bahkan kadang si empunya tidak melakukan treatment atau tindakan apapun.

Ada baiknya siapapun untuk mencoba peruntungan ini. Tidak harus memulai dengan dana besar karena kini dengan modal ratusan ribu pun cukup.

Sebagai contoh investasi mata uang kripto. Mata uang yang sangat menarik dan banyak orang membutuhkannya di seluruh dunia.

Tak terkecuali di tanah air, mata uang ini pun begitu banyak diburu. Dan jangan kaget bila kemudian banyak orang beralih ke mata uang kripto sebagai aset mereka.

Indodax sebagai Platform Jual Beli Kripto Terpercaya

Berbicara tentang cryptocurrency di Indonesia tentu tak akan lepas dengan Indodax. Indodax menjadi aplikasi terbaik dan terpercaya bagi mereka yang ingin melakukan investasi di bidang kripto.

Menjadi salah satu platform rujukan bagi mereka yang investasi di bidang kripto. Indodax juga telah tergabung Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange menjadikan mereka senantiasa taat hukum yang berlaku.

Platform ini telah bekerja sama dengan hampir seluruh bank lokal yang ada. Menjadikan siapapun itu yang ingin topup atau tarik dana menjadi sangat mudah. Yang cukup menarik manakala platform lain mengenakan biaya trading dan persentase penarikan maka Indodax telah menggratiskan.

Kelebihan platform ini selain yang sudah tersebut diatas antara lain mudah diakses oleh pemula sekalipun. Tampilan yang sederhana dan begitu mudah dipahami akan membantu pengguna dalam bertransaksi.

Tidak butuh manual khusus dan sepintas lihat langsung paham apa yang harus dilakukan. Terlebih dengan adanya fitur bahasa yang bisa disesuaikan dengan bahasa sehari-hari.

Dalam soal keamanan pun mereka tak main-main. Di mana saat ini telah menerapkan autentikasi dua faktor dan cara ini akan menjaga keamanan agar benar-benar terjaga.

Mereka memang dikenal sebagai tempat terbaik jual beli kripto di tanah air. Namun jangan salah, Indodax juga menawarkan banyak pilihan aset. Selain menawarkan bitcoin masih ada ratusan kripto lain yang bisa dipilih.

Menariknya, platform besutan Oscar Darmawan ini juga menyediakan Wallet Crypto Sendiri. Artinya mau transaksi dengan kripto apapun jadi mudah.

Satu fitur yang bisa jadi tidak dimiliki platform lain tentu saja adanya kemudahan untuk transfer aset dari market lain. Untuk melakukannya harap hati-hati terutama dalam menyalin kode alamat karena bila salah bisa jadi aset akan hilang.

Kelebihan lain yang dimiliki platform ini tentu saja telah bisa melayani 1×24 jam. Dengan demikian untuk transaksi tidak harus menunggu jam kerja semata

Hingga saat ini Indodax menjadi salah satu perusahaan berbasis teknologi yang mempertemukan penjual dan pembeli aset digital terbesar di tanah air.

Indodax pun tahu betul cara menjaga dan membuat nyaman para pengguna. Salah satunya dengan adanya kanal edukasi. Dengan Indodax Academy pengguna bisa belajar lebih dalam terkait seluk beluk kripto bahkan mempelajari sampai tuntas bagaimana cara mining bitcoin.

Menjadikan pengguna lebih teredukasi dan antiboncos. Selanjutnya tinggal mengaplikasikan ilmu di dapat baik melalui website resmi ataupun mobile apps Indodax.

Pos terkait