Jutaan Wisatawan Masuk Jogja Selama Natal Dan Tahun Baru Nanti

Tak kurang dari 1,2 juta wisatawan diprediksi akan masuk Jogja selama libur Natal dan Tahun Baru 2015 nanti. Mereka berasal dari beberapa daerah di tanah air tapi tetap serbuan dari ibu kota cukup mendominasi jumlah penyumbang wisatawan.
kembang api, perayaan tahun baru
Prediksi jumlah wisatawan masuk Jogja tahun ini diperkirakan 100 ribu lebih banyak dari tahun lalu. Pasalnya pada natal 2013 dan jelang tahun baru 2014 Jogja didatangi 1,1 juta wisatawan.

Dari banyaknya wisatawan mereka mayoritas datang menggunakan kendaraan roda dua. Diperkirakan tak kurang dari 850 ribu akan menunggangi kuda besi, selebihnya mereka menggunakan kendaraan roda 4, kereta api dan pesawat terbang.

Bacaan Lainnya

Prediksi tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) DIY Budiantono kepada media pada Rabu (17/18/2014) pasca rapat koordinasi persiapan masa liburan akhir tahun di Kepatihan, Jogja.

Masih menurut Budiantono, wisatawan masuk Jogja yang datang menggunakan pesawat terbang terjadi kenaikan sebesar 19 persen. Bila tahun lalu ada 262 ribu maka tahun ini ada 312 ribu penumpang.

Dilain pihak penumpang angkutan bus mengalami penurunan 5 persen. Hal ini dimungkinkan saat ini harga pesawat terbang semakin kompetitif. Terlebih pihak kereta api mulai tahun depan menaikan harga tiket kelas ekonomi hingga 100 persen. Sedang transportasi bus otomatis naik pasca kenaikan BBM bersubsidi beberapa waktu lalu.

Oleh karena itu pihak terkait seperti dinas perhubungan dan kepolisian melakukan berbagai tindakan untuk mengamankan natal dan tahun baru untuk memberikan rasa nyaman pada wisatawan masuk Jogja.

Terlebih dipusat kota Jogja sedang berlangsung sekaten. Maka bisa dipastikan titik keramaian salah satunya ada di Alun-Alun Selatan yang berdekatan dengan Malioboro.

Pos terkait