Kelebihan “Orang Bodoh” dalam Berbisnis, Mengenang “Inspiring Quotes” Kata-Kata Bob Sadino

Bob Sadino adalah seorang pengusaha nyentrik yang memulai dan mengembangkan bisnisnya dari nol. Setalah melalui hambatan dan tantangan seperti kebanyakan kisah sukses pengusaha lainnya, beliau akhirnya berhasil dengan caranya sendiri. Rahasia kesuksesan perjalanan hidupnya telah ia bagikan kepada dunia.

bob sadino
hipwee.com

Memang Bob Sadino telah meninggal dunia setelah sempat dirawat di Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta (12/01/2015). Sedangkan Istri Bob Sadino sendiri telah berpulang mendahului pada Juli 2014. Akhirnya, setelah berjuang melawan sakitnya, Bob Sadino menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 81 tahun.

Warisan Bob Sadino yang paling berharga bukanlah harta yang telah ia hasilkan, tetapi sebuah kisah bagaimana ia menjalani hidupnya.

Kisah motivasi hidup seorang Bob Sadino mengiringi berita kematiannya. Motivasi hidupnya tertuang dalam kata-kata bijak, kata-kata mutiara; “Inspiring Quotes” yang akan dikenang sepanjang masa di hati sebagian besar orang-orang di seluruh dunia.

Dan kini, setelah kepergiannya ke alam baka, semua orang akan mengigat dan mengenangya sebagai seorang pengusaha yang ramah dan sederhana. Sosok baik hati dan tidak sombong, serta mau berbagi dengan sesama. Tidak heran, ketika berita meninggalnya Bob Sadino tersebar, banyak orang kemudian merasa kehilangan sosok unik yang selalu identik dengan celana pendek ini.

Membodohkan diri sendiri adalah jalan termudah untuk menjadi sukses

Kata-kata bijak Bob Sadino tidak seperti kebanyakan, selalu saja “out of the box”; sangat sederhana, sangat realistis. Cara Goblok Menjadi Pengusaha adalah sebuah terminologi ala Bob Sadino dalam mengajarkan dan memotivasi orang. Dalam beberapa kesempatan ketika di wawancarai seputar tips dan triks bisnisnya, jawaban beliau selalu saja jauh dari kata ilmiah ilmu bisnis.

“Orang Bodoh” Ini adalah kata-kata Bob Sadino yang sangat populer. Di akui atau tidak; kebanyakan pengusaha sukses adalah orang-orang yang di cap sebagai “orang bodoh”. Bob Sadino memakai sebuah perumpamaan antara “orang bodoh” dan “orang pintar” untuk menyadarkan kita bahwa di dunia ini, ada banyak hal yang sangat berbeda dari apa yang seharusnya di tulis dan di maknai.

Tidak ada kesuksesan yang datang secara tiba-tiba. Jadi, kalau ingin sukses Jadilah “Orang Bodoh” dan tempatkan diri sendiri di jalan berdarah dan berliku. Semakin besar tenaga daya dan upaya yang dikeluarkan, maka semakin besar pula peluang untuk berhasil dalam bisnis. Itulah sebabnya, kisah orang-orang besar selalu dimulai dengan penderitaan; darah dan air mata.

Membaca kata-kata Bob Sadino tidak boleh dibaca mentah-mentah, baiknya di resapi secara mendalam, inti katanya adalah “merasa” sehingga akan menjadi “menyadar”; sadar untuk apa kita hidup, sadar untuk siapa kita hidup, sadar bagaimana kita ingin hidup, dan berbagai pertanyaan lainnya.

10 Inspiring Quotes Bob Sadino tentang Kelebihan Orang Bodoh dalam Berbisnis

  1. Orang bodoh yang hanya mengandalkan semangat dan kerja keras plus sedikit kerja cerdas, menjadikannya sukses dalam berbisnis. Di lain sisi kebanyakan orang pintar malas untuk berkerja keras dan sok cerdas
  2. Orang pintar biasanya banyak ide, bahkan mungkin telalu banyak ide, sehingga tidak satupun yang menjadi kenyataan. Sedangkan orang “bodoh” mungkin hanya punya satu ide dan satu itulah yang menjadi pilihan usahanya.
  3. Orang pintar merasa gengsi ketika gagal di satu bidang sehingga langsung beralih ke bidang lain, ketika menghadapi hambatan. Orang bodoh seringkali tidak punya pilihan kecuali mengalahkan hambatan tersebut.
  4. Orang bodoh sulit mendapat pekerjaan sehingga dia terpaksa buka usaha sendiri. Dalam perjalanan bisnisnya agar semakin sukses dia harus merekrut orang pintar. Alhasil orang bodoh tadi jadi bosnya orang-orang pintar.
  5. Orang bodoh kadang-kadang saja mengabaikan kualitas karena memang tidak tahu, maka tinggal diberi tahu bahwa mengabaikan kualitas itu keliru. Sedangkan orang pintar sering mengabaikan kualitas, karena sok tahu, makanya tidak menerima kritik tentang kualitasnya.
  6. Orang pintar berpikir, “aku pasti bisa mengerjakan semuanya”, sedangkan orang bodoh menganggap dirinya punya banyak keterbatasan, sehingga harus dibantu orang lain.
  7. Orang bodoh biasanya lebih berani dibanding orang pintar, kenapa? Karena orang bodoh sering tidak berpikir panjang atau banyak pertimbangan. Dia nothing to lose. Sebaliknya, orang “pintar” telalu banyak pertimbangan.
  8. Orang bodoh sulit mendapat pekerjaan sehingga dia terpaksa buka usaha sendiri. Dalam perjalanan bisnisnya agar semakin sukses dia harus merekrut orang pintar. Alhasil orang bodoh tadi jadi bosnya orang-orang pintar.
  9. Orang pintar merasa mampu melakukan berbagai hal dengan kepintarannya termasuk mendapatkan hasil dengan cepat. Sebaliknya, orang bodoh merasa dia harus melalui jalan panjang dan berliku sebelum mendapatkan hasil.
  10. Orang bodoh berpikir pendek untuk memutuskan sesuatu yang dipikirkan panjang-panjang oleh orang pintar.

Katan-kata Bob Sadino yang ia tinggalkan adalah sebuah intisari dari sebuah kenyataan kehidupan. Mengenang Bob Sadino melalui kata-katanya adalah sama juga membaca tentang siapa kita sebenarnya di hadapan Tuhan. Kita semua adalah “orang bodoh” yang berusaha untuk menjadi lebih bodoh lagi sehingga bisa merasakan anugerah dan karunia yang Tuhan berikan kepada manusia.

Di balik Kata-kata Bob Sadino yang sederhana itu, ada makna yang sangat filosofis dan mendalam. Kata-katanya mencerminkan keluguan dan kepolosan sebagai seorang manusia ciptaan Tuhan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *