Embung Nglanggeran Bukit Terpotong di Puncak Gunungkidul

  • Whatsapp

Apa jadinya bila puncak bukit dipotong kemudian dikeruk untuk di isi air. Mungkin terdengar aneh tapi itu benar adanya. Bila tidak percaya silakan datang ke Embung Nglanggeran dan buktikan dengan mata kepala sendiri.

embung nglanggeran
gotogunungkidul.com

Lokasi embung ini sekitar 1,5 kilometer dari Gunung Api Purba Nglanggeran. Objek wisata alam yang jauh lebih dulu terkenal dan terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunungkidul.

Untuk sampai tempat ini juga sangat mudah, terutama bagi yang suka touring. Dari kota Jogja bisa menuju jalan Wonosari dan ambil kiri di Polsek Patuk. Di jamin tidak akan tersesat karena telah banyak penunjuk jalan dan warga sekitar akan memandu bila masih bingung menentukan arah.

Di embung yang belum lama diresmikan Sri Sultan Hamengkubuwono X ini memang tidak banyak aktifitas yang bisa dilakukan selain berburu keindahan. Waktu paling tepat berada di embung ini adalah pada sore hari dengan catatan matahari cerah.

Tapi berbagai aktifitas menarik bisa dilakukan di kebun buah yang ada di samping embung. Salah satunya bila musim panen tentu saja bisa melihat lebih dekat berbagai buah yang ada. Selain itu masih bisa menikmati dan membawa pulan untuk oleh-oleh.

Hal ini karena keberadaan penampungan air ini sejatinya untuk mengairi kebun buah yang ada di bawahnya. Bila hal itu belum cukup geserlah sedikit ke Puncak Gunung Api Purba.

Kerja keras menapaki jalan terjal akan terbayar saat sampai puncak. Sejauh mata memandang akan terlihat indah. Tak jarang mereka yang suka berpetualang akan mendirikan tenda dipuncak untuk melihat sunrise dan sunset.

Embung Nglanggeran ini dibangun setelah memotong puncak Bukit Gandu. Berdasar beberapa sumber yang ada diketahui bahwa tempat penampungan air ini sengaja di buat sebagai antisipasi musim kemarau.

Seperti yang sudah diketahui bahwa air menjadi salah satu masalah untuk wilayah Gunungkidul. Harapannya dengan embung ini maka kebutuhan akan air untuk irigasi tidak akan lagi muncul. Wajar kiranya bila embung ini dibuat dengan konsep yang matang.

Bukan saja terlihat indah tapi konstruksi yang ada didalamnya juga telah terencana dengan baik. Jadi kapanpun kebun buah maupun warga sekitar butuh air maka kran tinggal dibuka.

Selain Embung Nglanggeran di Jogja masih ada embung unik lain yang dibuat dengan potong puncak bukit. Embung Kleco tersebut adalah Embung Kleco dan letaknya ada di Giripurwo, Kulonprogo.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *