Studio Alam Gamplong, Miniatur Hollywood di Jogja

Sejenak berada dalam wilayah ini kamu akan merasa seolah kembali ke jaman penjajahan Belanda. Suasana itu begitu kuat, terlebih sejauh mata memandang di area Studio Alam Gamplong yang nampak adalah pemandangan tempo dulu.

studio alam gamplong
instagram.com/aanhermawan01

Seting dibuat sedemikian rupa, membuat siapa saja lupa bahwa mereka hidup di era milenial. Semua itu hanya ada di objek wisata Studio Alam Gamplong yang berada di Desa Gamplong, Moyudan, Sleman, Jogjakarta.

Menempati tanah seluas 2 hektar, objek wisata yang diresmikan pertengahan bulan Juli 2018 lalu oleh Presiden Joko Widodo mampu menyedot perhatian publik.

Berbagai replika bangunan di era penjajahan Belanda ada disini. Benteng Batavia yang kokoh dan gahar seolah mengajak pengunjung menyelami masa di tahun 1619.

Benteng yang di bangun JP Coen ini dikenal sebagai sebagai bukti beratnya masa lalu. Replika ini dibuat dengan sangat detail sehingga dari sini pengunjung bisa pula belajar tentang sejarah asal usul Indonesia.

Tak lupa dipinggir benteng terdapat replika Sungai Ciliwung. Sungai yang pada masa itu turut andil memberi kehidupan warga sekitar. Jembatan ungkin semakin memberi kesan mendalam bahwa siapapun yang berada diarea Benteng Batavia ini akan merasakan bulu kuduk yang berdiri.

Di Studio Alam Gamplong selain ada miniatur Benteng Batavia masih ada beberapa miniatur lain semisal Pendopo Sultan Agung, Kampung Pecinan, Kampung Mataram,

Proses terbentuknya Studio Alam Gamplong ini cukup menarik. Dimana pada awalnya wilayah ini digunakan sutradara Hanung Bramantyo untuk menggarap film Sultan Agung.

Pasca proses pembuatan film selesai, tempat ini dialihfungsikan sebagai tempat wisata edukasi. Tak berhenti disitu nantinya lokasi ini akan dijadikan pusat kebudayaan, film, dan dokumentasi. Wajar bila sebagian orang menyebutnya sebagai mini Hollywood.

Saat ini untuk menikmati keindahannya pengunjung dapat datang setiap hari mulai pukul 08.00 wib dan akan tutup pada 17.00 wib. Yang lebih menarik ternyata tiket dapat didapat tanpa harus membeli,

Cukup dengan follow Instagram @gamplong_studio dan mengunggah foto serta menandai minimal 3 orang teman. Maka kita sudah bisa berada di dalam studio.

Adanya Studio Alam Gamplong tentu semakin memberi warna akan jenis objek wisata di Jogja, khususnya Sleman. Dan kamu bila belum datang ayo berkunjung ke objek wisata instagramable ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *