Lima Tokoh Indonesia Pembawa Perubahan Tanpa Gelar Sarjana

Berbicara tentang orang hebat tanpa gelar sarjana seolah mengarah pada 2 nama besar Bill Gates dengan Microsoft dan Mark Zuckerberg dengan Facebook. Tak banyak yang tahu ternyata di tanah air ada orang-orang hebat yang tak merasakan indahnya memiliki gelar sarjana.

Di era Milenial ini seringkali sukses itu identik dengan pendidikan yang tinggi. Namun bila ditarik ke belakang ternyata di tanah air ada yang sukses luar biasa tanpa merasakan wisuda.

Berikut 6 nama tokoh Indonesia tanpa gelar sarjana;

1. Bob Sadino

bob sadino
hipwee.com

Terkenal dengan berbagai quote inspiratif dan susah dinalar tapi berhasil membuktikan di dunia nyata. Salah satu yang cukup menarik tentu saja konsep Cara Goblok Menjadi Pengusaha.
Dimana ia menuliskan berbagai hal menarik dalam hidupnya hingga sukses seperti saat ini. Meski kini telah tiapa tapi apa yang pernah diajarkan pengusaha nyetrik dengan celana pendek dan baju kotak-kotak in akan selalu dikenang.

2. Cak Nun

cak nun
academicindonesia.com

Tokoh yang sangat membumi ini dikenal sebagai budayawan, seniman, penyair dan pendakwah. Seringkali ia memberikan pemahaman dalam kehidupan sehari-hari dengan mendasarkan pada Al Quran.

Jamah Cak Nun tersebar diseluruh Indonesia dan setiap kali bertausiah maka ribuan orang akan datang. Tapi siapa sangka ia hanya duduk dibangku kuliah hingga semester tiga di UGM.

3. Susi Pudjiastuti

susi pudjiastuti
atimes.com

Siapa yang tak kenal dengan wanita yang satu ini. Sangat populer dengan meme yang mengatakan Tenggelamkan, Menteri Kelautan dan Perikanan ini ternyata DO saat sekolah dibangku SMA.

Meski tidak bisa melanjutkan ke bangku kuliah tapi kegigihan dan kerja keras membuatnya menjadi orang sukses. Selain menjadi menteri tanpa gelar sarjana ia memiliki banyak perusahaan khususnya berkaitan dengan transportasi udara.

4. Andi F Noya

kick andy
kanaljogja.com

Tak ada yang menyangka bila presenter Kick Andy ini tidak memiliki gelar sarjana. Pun demikian ia membuktikan dengan kerja keras hingga diakui dalam dunia jurnalistik.

Selain kerja keras tentu saja tim yang solid menjadi kunci utama bagi pria kelahiran Surabaya, 6 November 1960. Meski sempat merasakan bangku kuliah tapi dorongan jiwa untuk terjun langsung dalam dunia jurnalistik membuatnya meninggalkan bangku Sekolah Tinggi Publisistik yang di idam-idamkan.

5. Purdi E Chandra

purdi e chandra
banjarmasin.tribunnews.com

Nama yang satu tidak begitu populer. Tapi siapa sangka jasanya mampu membuat orang-orang jadi lebih paham tentang dunia pendidikan.

Pendiri Primagama ini meninggalkan bangku kuliah karena merasa bosan. Tak hanya satu jurusan, kala itu dalam satu waktu ia mencoba kuliah di 4 jurusan berbeda mulai dari psikologi, farmasi, teknik elektro dan sastra inggris. Dan pilihannya tak sia-sia karena Primagama tercatat ada di 96 kota di tanah air dengan jumlah jaringan mencapai 181 cabang.

Selain lima tokoh Indonesia tanpa gelar sarjana sebenarnya sangat banyak bila mau ditelisik. Namun lima tokoh diatas telah diakui mampu membawa perubahan terhadap bangsa Indonesia.

Bila ada saran mungkin bisa ditulis di kolom komentar agar tokoh Indonesia tanpa gelar bisa ditambahkan dalam tulisan ini.

Pos terkait