Alhamdulillah, Listrik Gratis Diperpanjang Hingga Akhir Tahun

  • Whatsapp

Bagi kamu yang selama ini telah menikmati listrik gratis dari pemerintah tak perlu khawatir bila segera berakhir. Pasalnya program listrik gratis masih akan diperpanjang hingga Desember 2020.

listrik gratis
kanaljogja.id

Informasi ini disampaikan Direktur Jenderal Ketenagalistikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana dalam konferensi pers virtual pada Selasa, (11/8). Mereka yang masih berhak tetap sama ada di golongan rumah tangga 450 VA dan 900 VA subsidi. Sementara itu bagi pelaku / golongan bisnis dan industri hanya 450 VA saja.

Padahal dalam ketentuan sebelumnya subsidi atau listrik gratis ini hanya berlaku hingga September untuk rumah tangga dan Oktober bagi pelaku usaha. Artinya para pengguna listrik pada golongan tersebut masih bisa bernapas lega hingga akhir tahun 2020.

Keputusan diperpanjang program listrik gratis ini dikarenakan hingga saat ini dampak Covid-19 belum kunjung berakhir. Dengan demikian mereka yang paling terdampak sedikit banyak akan terbantu dengan program ini.

Baca juga: Panduan Instalasi Listrik Rumah Tangga

Hingga saat ini tak kurang dari 24,16 juta pelanggan rumah tangga 450 VA telah mendapat listrik gratis. Dan 7,72 juta pelanggan rumah tangga 900 VA telah mendapat subsidi 50 persen. Total hingga akhir tahun ada dana yang dianggarkan mencapai Rp 12,18 triliun.

Sementara itu bagi pelaku usaha golongan bisnis yang mendapat stimulus 450 VA terdata 501 ribu pelanggan. Untuk golongan industri 450 VA tercatat 433 pelanggan. Dana yang dialokasikan mencapai Rp 131 miliar.

Dalam kesempatan yang sama Rida juga menyampaikan jangan sampai kemudian penggunaan listrik dilakukan secara jor-joran. Semua pihak sebisa mungkin harus melakukan penghematan guna menolong yang lain.

Cara mendapat listrik subsidi ini pun sama seperti bulan-bulan sebelumnya. Pelanggan cukup akses situs PLN di stimulus.pln.co.id. Atau bisa juga dengan cara kirim ID pelanggan ke nomor Whatsapp 08122-123-123.

Bagi yang sudah pernah mendapat listrik gratis ini tentu tak akan ada masalah tapi bila ternyata kamu adalah pengguna baru maka silakan ikuti petunjuk diatas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *