Mau Ke Mall Saat New Normal? Siapkan Ini ya!

  • Whatsapp

Ke Mall Saat New Normal – Mall tak ubahnya pasar atau pada dasarnya merupakan tempat perbelanjaan. Dulu orang-orang pergi ke pasar untuk membeli sesuatu. Namun seiring berjalannya waktu, mall mulai berubah fungsi menjadi tempat hiburan.

ke mall saat new normal
kompas.com

Banyak sekali wahana dan fasilitas yang bisa kamu nikmati di sana. Mulai dari restoran kecil-kecilan dan bioskop.

Sebelum pandemi, mall sering dikunjungi oleh orang-orang. Daya tarik Mall yang belum pudar dan malah semakin berkembang, membuat Mall penuh setiap harinya.

Beberapa orang memang menjadikan Mall untuk menongkrong dan bermain. Mall semakin disukai anak muda apabila fasilitasnya lengkap.

Seperti adanya bioskop, permainan game dan sebagainya. Orang-orang berbondong-bondong mengunjungi Mall untuk melepas penat. Tidak ada salahnya memang, karena semua memiliki cara sendiri untuk menghilangkan rasa lelah.

Pandemi Mengubah Segalanya

Semua keadaan mulai berubah di tahun 2020. Ketika pandemi melanda negeri ini dan seluruh dunia.

Tempat-tempat hiburan ditutup selama beberapa bulan karena untuk menekan penyebarannya. Tak terkecuali Mall dan sejenisnya.

Mau tidak mau, Mall yang biasanya dikunjungi banyak orang menjadi sepi karena pemerintah menutupnya.

Satu per satu perusahaan yang bergerak di bidang hiburan dan mengandalkan Mall, mulai mengalami kerugian. Produk-produk yang sudah direncanakan terjual sekian dalam tahun tersebut, mendadak amblas.

Pihak mall sendiri juga kebingungan. Banyak yang mulai beralih ke digital. Seperti halnya bioskop.

Pihak bioskop menjual tiket dengan cara bekerja sama dengan beberapa platform digital. Hal ini merupakan strategi di tengah pandemi yang sedang berlangsung.

Tidak ada harapan besar di saat pandemi menerjang selain dapat bertahan hidup. Begitulah harapan dari semua sektor.

Namun beberapa bulan ke depan, new normal mulai didendangkan. Pemerintah mulai membuka pusat perbelanjaan dan tempat-tempat hiburan dengan syarat harus mematuhi protokol kesehatan.

Akan tetapi, beberapa bulan, kasus Covid 19 kembali naik sehingga Mall kembali ditutup. Hingga puncaknya bulan Maret 2021 kemarin.

Setelah vaksin dosis kedua sudah tersebar merata, Mall dan yang lainnya benar-benar sudah dibuka tanpa dibatasi lagi. Orang-orang pun mulai melupakan kesedihan yang hinggap pada diri mereka waktu. Berbondong-bondong mereka ke Mall dan ke tempat lain.

Baca juga: 5 Tahapan New Normal di Jogja

Hal-hal yang Perlu Disiapkan Ketika Ke Mall Saat New Normal

Meskipun new normal dan boleh berkunjung ke Mall, ada beberapa hal yang harus kamu bawa untuk bisa masuk. Protokol kesehatan sangat diperketat guna mencegah terjadinya penyebaran covid-19.

Bagaimana kalau tidak membawanya? Tentu saja satpam Mall akan dengan terpaksa melarangmu untuk masuk.

Jangan marah apabila satpam melarangmu masuk karena kamu sendiri yang bandel tidak membawa persyaratan yang sudah ditentukan bersama. Di Mall pengunjungnya bukan hanya kamu saja. Jika kamu melakukan hal yang sembrono, maka dampak yang diakibatkan bukan hanya pada dirimu saja. Melainkan semua orang yang terlibat di dalamnya.

Baca juga: Kota Jogja Siapkan Diri Hadapi The New Normal

Nah langsung saja, berikut ini hal-hal yang perlu disiapkan untuk kamu bawa ketika ingin berkunjung ke Mall:

1. Masker Dobel

Selama pandemi ini pemerintah senantiasa menganjurkan untuk memakai masker ke mana-mana. Hal itu merupakan sebuah ikhtiar dari kita bersama untuk mencegah penyebaran covid-19 ini.

Apalagi varian baru terus bermunculan dan mobilitas orang-orang mulai meninggi lagi. Masker merupakan alat vital yang harus kamu siapkan ketika hendak pergi.

Tak terkecuali ketika ingin berkunjung ke Mall. Masker diwajibkan untuk dibawa dan dipakai sebelum masuk. Bahkan beberapa Mall menganjurkan untuk membawa masker dobel karena varian baru yang terus-menerus bermunculan.

Dari data yang ada Mall dan tempat pelayanan publik lainnya merupakan tempat yang paling cepat penyebarannya. Karena di tempat-tempat tersebut berpotensi terjadinya kerumunan dan beberapa orang bahkan ada yang tidak menjaga jarak.

Menjadi penting kemudian untuk memastikan protokol kesehatan di tempat-tempat tersebut diperketat. Agar orang-orang tidak menganggap remeh pandemi ini.

Terkadang rasanya sudah seperti lahir kembali karena pandemi mengalami kemerosotan. Akan tetapi, virus ini belum hilang dan tentunya perlu hati-hati dan waspada.

2. Tisu

Selain masker, kamu juga perlu membawa peralatan sendiri yang sekiranya itu berkaitan dengan kebersihan semisal tisu. Ketika kamu makan seringkali kita memakai tisu yang ada di resto atau warung-warung tempat kamu makan.

Namun karena pandemi seperti ini, alangkah baiknya membawa tisu sendiri dari rumah. Hal ini guna mencegah penyebaran virus yang tanpa disadari sudah menempel lama pada tisu tersebut.

Begitu juga saat berada di Mall. Ketika wajah atau anggota tubuh lain berkeringat, tentu saja kamu ingin mengelapnya.

Biasanya Mall menyediakan tempat tisu untuk membersihkan hal-hal semacam itu. Namun karena masih pandemi seperti ini, sebaiknya kamu membawa tisu sendiri untuk mengelap tubuhmu tersebut.

Dikhawatirkan karena di tempat yang banyak sekali orang berkunjung, virus-virus yang tidak terlihat itu dibawa oleh seseorang dan menempel pada tisu atau pada kotaknya. Ketika tersentuh tangan dan tanpa sadari kamu gunakan untuk mengusap hidung, virus itu akan menempelkan pada tubuhmu dan masuk ke dalam.

3. Perlengkapan Solat

Buat kamu yang beragama Islam. Solat merupakan suatu kewajiban. Nah karena setiap hari ada solat lima waktu yang harus dijalankan, alangkah baiknya kamu membawa perlengkapan solat sendiri dari rumah.

Ketika hendak solat di Musola yang tersedia di Mall, kamu membawa dan memakai perlengkapan solat milikmu sendiri. Keamanan lebih terjaga saat kamu membawa perlengkapan solat dari rumah.

Ketika sujud pun kamu akan merasa nyaman tanpa ada rasa takut akan virus yang menempel pada sajadah. Solatmu akan menjadi lebih khusuk.

4. Handsanitizer

Untuk menghilangkan kuman-kuman yang menempel di tangan setelah digunakan untuk memegang benda yang ada di Mall, sebaiknya kamu menggunakan handsanitizer dari rumah.

Banyak kok manfaat membawa handsanitizer dari rumah. Selain kamu bisa memilih baunya yang harum, juga aman dari sentuhan orang lain.

Jika kamu membawa sendiri, kamu bisa memakainya kapan saja tanpa harus berjalan mencari handsanitzer yang disediakan di Mall. Karena tidak mungkin, setiap satu meter Mall akan menyediakan handsanitizer. Mereka menyediakan hal tersebut pada beberapa titik saja.

5. Dompet Digital

Untuk mengurangi interaksi dengan orang lain. Sebaiknya kamu menyiapkan dompet digital di ponselmu.

Ketika melakukan transaksi di Mall, kamu tidak harus berkontak langsung dengan karyawan yang ada di sana. Cukup hanya dengan men-scan barcode yang tersedia, kamu sudah bisa melakukan pembayaran.

Kamu hanya satu kali saja berkontak dengan karyawan yakni saat menerima pesanan atau sesuatu yang kamu beli. Hal itu memang tampak sederhana.

Namun cara ini merupakan tindakan yang berarti buat kamu dan karyawan tersebut. Karena mengurangi kontak yang artinya juga sedang mencegah penyebaran covid-19.

Nah itulah beberapa hal yang perlu kamu bawa ketika ke Mall saat new normal. Bersenang-senang dan melepaskan penat boleh, tetapi juga perhatikan kesehatanmu dan semua orang ya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *