Keistimewaan Jogja Ini Akan Membuatmu Jatuh Cinta

  • Whatsapp

Berbicara tentang keistimewaan Jogja bukan hanya terletak pada siapa orang nomor satu di wilayah ini. Tak lain dan tak bukan tentu saja ada Sri Sultan.

Beukenhof Restaurant
instagram.com/ntshvalentine

Lebih dari itu ada banyak hal menarik di dalamnya. Membuat siapa saja yang pernah datang enggan pulang. Atau bila mereka telah meninggalkan maka senantiasa akan terpanggil untuk datang kembali.

Penggoda yang tidak memerlukan rayuan dan sudah banyak yang terpikat adalah Jogja. Siapa yang tidak tergoda dengan Jogja?

Daerah yang luar biasa ini sudah memikat puluhan hingga jutaan orang di dunia. Siapa pun orang di dunia ini pernah membicarakannya. Bahkan mungkin sampai dibicarakan di setiap tempat perkumpulan.

Tidak mengherankan apabila hal itu terjadi. Jogja mempunyai daya tarik tersendiri. Seolah-olah memiliki magnet yang dapat menarik siapa saja tanpa harus mengeluarkan jurus rayuannya.

Dalam sekejab Jogja mampu membuat orang-orang atau wisatawan langsung jatuh cinta. Rasa-rasanya mereka ingin kembali dan kembali lagi ke sana.

Ada banyak hal yang membuat Jogja digemari, diminati, dan membuat orang-orang jatuh cinta. Mulai dari hal-hal yang paling sederhana hingga hal-hal yang begitu istimewa.

Kesederhanaan dan keramahan membuat orang-orang yang berkunjung ke Jogja tidak ingin pulang. Apalagi Jogja seperti memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh tempat mana pun.

Pastinya, sepeninggal dari Jogja, ada saja sesuatu yang dikangenin dan mau tidak mau, membuat orang itu kembali lagi. Anehnya, tidak ada kebosanan apabila datang ke Jogja berkali-kali.

Bukan hanya itu saja, masih banyak beraneka ragam seni dan budaya, pengamen-pengamen jalanan yang berkelas, hingga tempat wisatanya yang melimpah membuat Jogja menjadi surga dunia yang tidak akan ditemukan kelengkapannya.

Saya rasa, hanya di Jogja ini kita dapat menemukan keindahan, hal-hal menyenangkan dari berbagai aspek. Bahkan tempat nongkrong yang tampak sederhana, akan sangat menyenangkan.

Baca juga: 14 Julukan Kota Jogja yang Wajib Kamu Ketahui

Keistimewaan Jogja yang Akan Membuatmu Jatuh Cinta

Ada banyak keistimewaan yang dimiliki oleh Jogja itu sendiri. Jika diperinci, akan sangat luas dan mungkin tidak dapat dituliskan karena saking banyaknya.

Namun ada secuil fakta tentang Jogja yang tak bisa dinafikan. Mau tahu apa saja sih secuil keistimewaan Jogja ini? Usai merasakan keistimewaannya ini kamu akan langsung jatuh cinta.

1. Jogja itu Ramah dan Punya Ciri Khas

Orang-orang Jogja terkenal sangat ramah. Mereka memang pandai mengambil hati orang dengan kesederhanaan yang khas dan keramahan yang tidak akan kamu temukan di mana pun.

Orang-orang Jogja yang masih terpengaruh oleh keraton, tentu akan terbawa dalam kehidupan sehari-hari. Keduanya menjadi perpaduan yang tepat dan pas.

Bahkan sudah mengakar sejak berabad-abad silam dan luar biasanya masih terjaga sampai sekarang. Sampai kapan pun Jogja yang ramah dan sederhana ini tidak akan berubah.

Keramahan itu tercermin saat kamu hendak bertanya pada mereka tentang suatu tempat di Jogja. Mereka akan mengawali dengan senyum dan sapaan yang ramah.

Wajah mereka seolah senang karena masih kamu sapa dan kamu anggap. Mereka lebih senang dimintai tanya atau tolong daripada diacuhkan.

Berbeda dengan tempat lain yang menganggap hal itu beban dan mengganggu. Orang-orang Jogja malah senang apabila mereka dimintai tolong. Bahkan mereka akan membantu secara totalitas.

Belum lagi mereka orangnya tidak tegaan. Ketika kamu hendak membeli sesuatu dan kamu tawar karena hanya membawa uang sedikit, mereka akan memberikannya.

“Buat mas atau mbak tidak apa-apa.” Ucapan itulah yang nantinya akan kamu dengar. Tapi ingat jangan dimanfaatkan untuk hal-hal negatif.

Baca juga: Oleh-Oleh Khas Jogja Kekinian

2. Menikmati Jogja yang Nyaman

Kasus kejahatan pada wisatawan tidak akan pernah kamu dengar di Jogja. Mereka benar-benar menerapkan slogan dari Jogja sendiri yakni Jogja Berhati Nyaman.

Hal tersebut sudah terbukti dan bahkan diakui secara formal dalam survei Most Livable City Index 2009 dan 2011. Mereka menempatkan Jogja sebagai kota ternyaman untuk ditinggali.

Saat kamu menginjakkan kaki di kota ini, kamu akan merasakan kenyamanan itu berkali-kali. Misalnya saja ketika kamu baru turun dari kereta, dan keluar dari Stasiun Tugu. Para tukang becak, sopir taksi, akan menyapamu ramah dan menawarkan tumpangan.

Mereka tidak akan memaksa apabila kamu menolak. Berbeda dari daerah lainnya, yang terus memaksa dan bahkan hampir yang memepet agar mau menggunakan jasa mereka.

Tidak hanya itu saja, jika kamu menawarnya, mereka akan mau dan siap mengantarmu ke mana saja. Bagaimana untuk keamanannya? Mereka akan menjamin keamananmu.

3. Dunianya Seniman dan Budayawan

Jogja merupakan dunianya seniman dan budayawan. Banyak sekali seniman dan para budayawan yang bermukim di sana.

Selain itu, Jogja juga menyediakan panggung bagi mereka. Sehingga siapa pun yang ke sana, akan dapat menikmati dan menonton seni budaya berbagai macam.

Jika kamu ingin menikmati pentas seni dan berbagai budaya yang ada di Jogja, kamu bisa mengunjungi keraton. Karena di keraton sendiri ada jadwal kapan pentas seni di gelar.

Dari hari Senin hingga hari Minggu, berbagai pentas seni digelar. Dengan demikian tidak ada rasa bosan bagi mereka yang berkunjung.

Mulai dari wayang orang, pentas seni menari, gamelan dan wayang kulit, dapat kamu nikmati di Jogja ini. Kamu juga bisa menikmati lukisan dari para seniman di berbagai pameran lukisan yang sering diadakan di Jogja ini.

Sanggar kesenian begitu melimpah. Kamu bisa main-main ke sana dan belajar kesenian.

Di sanggar-sanggar kesenian tersebut, kamu dapat belajar langsung dan melihat bagaimana potensi anak-anak yang nantinya akan menjadi seniman dan budayawan besar.

4. Jogja itu Surganya Kuliner dan Tempat Nongkrong

Sudah bukan menjadi rahasia lagi apabila Jogja merupakan surganya kuliner dan tempat nongkrong. Ke mana pun kamu singgah di Jogja, kamu akan menemukan tempat nongkrong asyik.

Mulai dari yang sederhana hingga tempat hits sekalipun. Semua tergantung selera, kamu bisa nongkrong di angkringan-angkringan pinggir jalan atau memilih nongkrong di kafe. Bisa juga di angkringan rasa kafe semisal Pendopo Lawas.

Semuanya menyenangkan. Atau mungkin kamu punya strategi seperti ini, pagi menongkrong di angkringan dan siangnya menongkrong di kafe. Kedua hal itu sama sahnya.

Di angkringan kamu akan menemukan musisi jalanan yang memakai alat sederhana. Begitu juga di kafe. Akan tetapi, biasanya musisi jalanan akan menggunakan alat yang lebih lengkap, yang disediakan oleh pihak pengelola maupun pengamen itu sendiri.

Selain tempat nongkrong, kamu juga dapat merasakan kuliner beraneka ragam di sana. Mulai dari bakpia, wingko babat, dan sejenisnya.

Bahkan kuliner khas Jogja pun akan kamu temukan semisal gudeg, sate klatak, belalang goreng dan makanan lain yang jarang akan kamu temukan di kota lain, bisa kamu cicipi di sini. Jangan lupa bungkus oleh-oleh khas Jogja untuk mereka yang di rumah.

5. Tempat Wisata yang Melimpah

Dan keistimewaan berikutnya yang akan membuat orang-orang berbondong-bondong ke Jogja dan jatuh cinta padanya. Apalagi kalau bukan tempat wisata yang melimpah.

Di Jogja kamu akan menemukan tempat wisata puluhan hingga ratusan tempat. Tempat wisata ini akan membuatmu betah dan tidak ingin pulang dari Jogja.

Mengapa demikian? Karena tempat wisata yang dimiliki oleh Jogja tidak akan cukup kamu singgahi hanya dengan satu atau dua minggu saja.

Tidak percaya? Silakan mencoba dan membuktikan!

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *