Mendalami Keindahan yang Tersembunyi, Pantai Kesirat

  • Whatsapp

Berbeda dari Pantai Baron yang banyak pasirnya, pantai yang satu ini benar-benar berbeda dari pantai biasanya. Pantai yang diberi nama Pantai Kesirat atau Gesirat ini merupakan pantai yang tidak berhiaskan pasir. Di pantai ini hanya terdapat jejeran tebing yang bisa digunakan untuk camping ataupun sebagai lokasi memancing.

pantai kesirat gunungkidul
instagram.com/mamatkodrat

Pantai ini sudah terkenal untuk kalangan pecinta rock fishing bahkan sebelum pantai ini dikunjungi oleh para wisatawan. Jika kamu sedang beruntung, ketika kamu memancing disini, tak hanya ikan-ikan kecil saja yang akan kamu dapatkan, karena tempat ini merupakan tempat singgah ikan-ikan besar.

Memang pantai ini masih jarang didengar oleh para wisatawan. Namun jangan salah, Pantai yang berlokasi di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul ini merupakan pantai yang benar-benar masih alami dan sangat cantik. Keunikan pantai ini sendiri yaitu, pantai ini merupakan pantai yang bertebing. Dari atas tebing, kamu bisa menyaksikan hamparan biru air laut yang sangat mempesona.

Sama seperti Pantai Pok Tunggal, Pantai Kesirat ini juga mempunyai satu pohon abadi yang menjadi ikon, pohon ini disebut Pohon Gebangkoro. Pohon yang satu ini merupakan pohon tunggal yang tumbuh di tepi tebing.

Ketika sore menjelang, kamu bisa menyaksikan pemandangan sunset yang luar biasa indah. Tak hanya itu saja, pemandangan sunrise disini juga nyaris sempurna loh! Pantai Kesirat juga merupakan salah satu tempat yang cocok digunakan untuk prewedding karena keindahan pantai ini sendiri. Jika kamu ingin bermalam di pantai ini, jangan harap kamu bisa menemukan penginapan atau warung makan disini, kamu harus membawa tenda dan bekal makanan atau minuman sendiri dari rumah.

Selain salah satu tempat wisata yang tersembunyi, Pantai Kesirat ini juga merupakan tempat yang disakralkan oleh penduduk setempat. Setahun sekali penduduk akan melaksanakan ngalap berkah di Pantai Kesirat. Tradisi ini sebagai ucapan syukur dalam bentuk menjaga keseimbangan alam.

Untuk mencapai Pantai Kesirat ini sendiri memerlukan waktu sekitar dua jam perjalanan. Sebaiknya kamu menggunakan kendaraan pribadi jika ingin datang kesini, karena tidak ada angkutan umum yang menuju ke lokasi Pantai Kesirat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 Komentar