Mendulang Trafik Dari Instagram, Lakukan Langkah Ini

Era digital memungkinkan siapa saja mendulang rezeki meski berada di rumah. Oleh karena itu menjadi penting bagi siapa saja untuk mendulang trafik dari instagram.

mendulang trafik dari instagram
kontan.co.id

Dibutuhkan kreatifitas dan keberanian untuk eksperiman tentunya. Karena ketika berdiam diri dan berharap keajaiban tentu satu hal yang berat.

Bagi kamu yang ingin mendulang trafik dari instagram dengan tujuan untuk mendapat engagement rate atau mengkonversi kunjungan ke situs / blog maka bisa lakukan beberapa langkah strategis.

Baca juga: Sosial Media Marketing untuk ER Lebih Baik

Trafik Dari Instagram sebagai Sosial Media Paling Populer

Seperti kita tahu saat ini instagram menjadi salah satu platform sosial media paling banyak digunakan. Tahun lalu platform yang telah diakuisisi Meta ini telah digunakan hampir 2 miliar pengguna.

Sementara itu di tanah air tidak kurang dari 91 juta orang menggunakan. Artinya hampir semua yang melek teknologi sudah bisa dipastikan miliki akun instagram.

Agar sosial media ini kian ramai dikunjungi banyak orang maka ada baiknya lakukan beberapa hal berikut ini:

1. Modifikasi Link di Bio Profil

Pada halaman profil kita bisa menuliskan banyak informasi menarik tentang kita. Namun sayangnya, hanya bisa menuliskan 1 link aktif yang bisa menuju ke tempat lain.

Sebagai alternatif mau tidak mau menggunakan pihak ketiga. Dan salah satu yang terbaik ada Desty App.

Cara membuat link instagram ini dipercaya sebagai jalan ampuh. Mengarahkan pengunjung ke salah toko online atau whatsapp untuk kemudian melakukan pemesanan.

Khusus bagi blogger cara ini menjadi sesuatu yang ampuh bagi mereka untuk mendulang trafik dari instagram.

2. Beritahu Melalui Feed

Feed menjadi salah satu bagian utama dari sebuah instagram. Di mana dari sini kita bisa menampilkan sebuah foto atau video.

Makin keren dengan adanya fitur reels yang langsung disambut positif pengguna instagram. Dari feed / reels ini kita bisa mempublikasikan banyak hal dan mengarahkan mereka menuju website / toko online.

Metodenya ada yang hards selling atau secara terang-terangan mengarahkan pengunjung untuk datang atau membeli produk dijual. Selain itu bisa juga dengan cara softselling atau iklan yang tersamarkan.

3. Featured Story

Satu fitur yang paling saya suka dari sebuah instagram tentu saja featured story. Dimana bisa mempublikasikan sesuatu dan mengajak mereka berinteraksi.

Ada banyak hal bisa dilakukan dengan story dimana kita pun bisa menandai orang lain atau mungkin mengarahkan pada web / toko online di kelola. Fitur ini benar-benar bisa menampakkan dalam satu hari siapa saja yang mengunjungi profil kita.

4. Fitur Highlight / Sorotan Instagram Stories

Agar konten yang kita share tidak langsung hilang ada baiknya sematkan pada highlight atau sorotan. Dengan cara ini konten tetap akan dilihat siapa saja selama fitur ini tidak dihapus.

Jangan lupa kasih nama dan baiknya mudah diingat dan membuat siapa yang berkunjung terpancing untuk membuka. Susun serapi mungkin dan usahakan ada poin yang ingin ditonjolkan.

5. Tag Produk via Fitur Instagram Shopping

Bagi mereka yang miliki produk atau berjualan bisa banget menggunakan fitur ini. Fitur ini bisa menyulap instagram layaknya etalase toko.

Susun dengan rapi dan pastikan orang tidak bosan datang ke “toko online” yang kita kelola. Untuk postingan standar kita bisa menandai / tag 5 akun dan untuk postingan carousel sampai dengan 20 akun.

6. Hubungkan dengan Postingan IGTV

Ada fitur lain yang tak kalah menarik dan dihadirkan instagram untuk memanjakan pengguna. Bila dengan feed atau reels hanya beberapa detik saja maka dengan IGTV maka durasi bisa lebih panjang.

Tak hanya itu saja tapi di dalamnya pun kita bisa menyematkan link di dalam deskripsi. Langkah ini bila dilakukan dengan tepat juga dapat digunakan sebagai cara mendulang trafik dari instagram.

Apalagi bila memiliki teknik copywriting yang tepat dan membuat pengunjung bertanya-tanya ada apa selanjutnya. Dan link tersebut adalah jawaban dari rasa penasaran itu.

Perlu diketahui, untuk melihat deskripsi pengunjung harus tap judul postingan. Dan alangkah baiknya bila mengoptimalkan tombol CTA pada bagian judul IGTV.

7. Aktifkan Push Notification

Langkah lain yang bisa dilakukan guna mendulang trafik dari instagram dengan mengaktifkan push notification. Dengan cara ini follower bisa mendapat pembaruan dari akun kita.

Push notification ini bisa digunakan untuk pengaturan Feed, Reels, IGTV dan Stories. Tidak mudah tapi semua orang bisa melakukan pengaturan push notification karena telah tersedia banyak tutorial di internet.

Beberapa hal diatas bila dilakukan dengan seksama maka bisa saja mendulang trafik dari instagram menjadi satu hal yang mudah. Dan pastinya memberi manfaat baik bagi mereka yang miliki website atau toko online agar ramai dikunjungi.

Pos terkait