Wisata Dekat Malioboro, Murah dan Lebih Berkesan

Wisata Dekat Malioboro – Jika kamu berkunjung ke Jogja dan pernah mengunjungi Malioboro, tentu kamu akan menikmati sejuta keindahan tempat itu. Meskipun sekilas hanya tampak seperti jalan biasa, Malioboro memiliki keistimewaannya tersendiri.

jogja pass
instagram.com/ernarosmalindaa

Namun apabila kamu ingin mencari tempat wisata lain dan tidak mau jauh-jauh dari Malioboro, kamu bisa mencoba berbagai tempat wisata di dekat Malioboro. Tempat wisata ini tentunya tidak kalah menarik dengan Malioboro.

Mungkin saja juga bisa kamu jadikan alternatif apabila kamu bosan hanya bermain di Malioboro saja. Wisata dekat Malioboro ini terletak tidak jauh dari pusat kota Jogja (Malioboro).

Dengan cara ini jika waktu wisata benar-benar terbatas, kamu bisa menjangkaunya. Selain itu, transportasi menuju ke sana pun juga banyak.

Jadi kamu tidak perlu repot-repot jalan kaki atau bingung mencari transportasi untuk menuju ke sana. Di wisata dekat Malioboro ini kamu akan menemukan berbagai destinasi wisata yang menarik.

Seperti spot foto yang instagrammable hingga keindahan alam sekitarnya yang menawan. Mau tahu mana saja sih tempat wisata dekat Malioboro yang menyenangkan dan menarik tersebut?

Simak berikut ini tempat wisata di dekat Malioboro.

1. Pasar Beringharjo

Wisata dekat Malioboro yang pertama tentu saja Pasar Beringharjo. Pasar yang hanya berjarak 700 meter saja dari Malioboro ini merupakan salah satu pasar legendaris dan bersejarah di Jogja.

Pasar Beringharjo ini menjadi tempat yang cocok bagi kamu dan wisatawan lainnya mencari barang-barang khas Jogja. Bagaimana soal harga? Harganya tentu lebih miring/murah dari Mall yang ada di Jogja.

Mulai dari batik, baju-baju rajutan khas Jogja, dan kerajinan yang mencirikan Jogja ditawarkan di pasar tersebut. Sangat beragam, dan kamu bisa menjadikannya oleh-oleh sepulangnya dari Jogja.

Apabila kamu dari Malioboro kamu tidak perlu repot-repot mencari kendaraan umum atau pesan kendaraan online. Hanya dengan jalan kaki saja kamu sudah tiba di Pasar Beringharjo dalam waktu kurang dari 3 menit.

2. Titik Nol Kilometer

Tempat wisata yang kedua ini tentu teramat dekat dengan Malioboro. Hanya dengan berjalan kaki, kamu bisa menjangkau tempat ini.

Titik Nol Kilometer Jogja dan Malioboro hanya berjarak sekitar satu kilometer saja. Jadi kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit ketika jalan kaki.

Apa sih yang menarik dari tempat wisata ini? Memang sekilas tampak tidak ada yang menarik jika kamu melihat jalannya saja.

Akan tetapi jika kamu berhenti, dan mengamati sekitar, Titik Nol Kilometer ini akan sangat menakjubkan. Di tempat ini ada spot foto menarik, spot foto yang bernuansa bangunan belanda bersejarah.

Selain itu, di lain waktu apabila ada event, tempat ini sering digunakan untuk live musik, tari dan berbagai hiburan lainnya.

3. Jogja National Museum

Tempat wisata dekat Malioboro yang ketiga ini adalah tempat wisata sejarah. Jogja National Museum namanya atau orang-orang sering menyingkatnya JNM.

Jika kamu ingin berkunjung di JNM dari Malioboro, kamu seenggaknya harus menempuh jarak sekitar dua kilometer. Karena jaraknya lumayan jauh, alangkah baiknya kamu berkendara saja untuk menuju ke museum tersebut.

Bisa menggunakan becak,andong maupun ojek online. Waktu tempuh berkendara dari Malioboro sampai ke JNM hanya 11 menit.

Kalau kamu mau tahu, Jogja National Museum ini dulunya merupakan kompleks gedung Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) dan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FRSD). Karena gedung tersebut terbengkalai, akhirnya dibangun museum saja pada tahun 2006.

Di tempat ini selaian ada museum ada juga ruang untuk aktivitas seni budaya bagi masyarakat umum.

4. Taman Pintar

Taman pintar merupakan wisata belajar. Tempatnya juga tidak jauh dari Malioboro. Hanya beberapa menit saja untuk bisa sampai ke Taman Pintar ini dari Malioboro.

Jika kamu berwisata dengan anak-anak, Taman Pintar ini merupakan tempat yang cocok untuk mengenalkan banyak hal apalagi yang berbau sejarah, fisika, dan astronomi pada anak. Berbagai fasilitas edukasi tersedia di sana. Seperti Planetarium, Wahana Bahari, Gedung Kotak, Gedung Oval dan lain sebagainya.

Anak akan mendapat tambahan informasi sekaligus dapat bersenang-senang di tempat ini. Perlu kamu ketahui bahwa anak senang bermain sambil belajar.

5. Alun-Alun Kidul

Nah untuk tempat ini sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Alun-alun Kidul Jogja. Kamu bisa datang ke Alun-alun Kidul andai saja merasa jenuh datang ke Maliobro saja.

Di sana nanti kamu dapat menjajal melewati pohon beringin kembar seperti yang dijajal oleh semua orang yang pernah mengunjungi Alun-alun Kidul. Kegiatan ini oleh masyarakat sekitar biasa disebut dengan Masangin.

Apabila dirunut dari kepercayaan setempat, siapa yang bisa melewati dua pohon tersebut maka semua doa dan impiannya dapat terkabul.

6. Monumen Tugu Yogyakarta

Tempat wisata dekat Malioboro yang berikutnya ini tentu saja sudah tidak asing buat kalian, apalagi kalau bukan Tugu Pal Putih atau orang-orang menyebutnya Monumen Tugu Yogyakarta. Lokasi monumen tugu ini berada di tengah-tengah kota Jogja.

Kalau dari Malioboro, kamu hanya akan menempuh jarak lebih kurang 1,6 kilometer saja. Jadi kalau kamu ingin jalan kaki menuju ke sana, kamu tidak akan kecapekan dan hanya menempuh waktu 15 menit saja.

Memangnya apa sih yang menarik dari Monumen Tugu Jogja ini? Banyak sekali. Biasanya para pengunjung menjadikan Monumen Tugu ini sebagai tempat nongkrong dan berfoto.

Background Monumen yang kental akan nuansa kejawaan ini menjadikan lebih estetis. Belum lagi, monumen tersebut dilengkapi dengan pernak-pernik lainnya.

Warna yang mendominasi Monumen Tugu ini adalah warna putih. Konon katanya, warna putih yang mendominasi Tugu tersebut mempunyai nilai simbolis.

Selain itu merupakan bangunan yang menghubungkan secara imaginer berbagai tempat yakni Pantai Parangtritis, Panggung Krapyak, Keraton Jogja, dan Gunung Merapi.

Selain nongkrong, kamu juga dapat menjajal kafe-kafe yang ada di dekat monumen tersebut. Ada pula restoran dan warung makan pinggiran yang juga sah-sah saja kamu singgahi.

7. Gembira Loka Zoo

Nah buat menyenangkan anak-anak ketika berwisata ke Malioboro, kamu perlu mengajak mereka ke kebun binatang Gembira Loka yang letaknya ini sekitar 5 kilometer dari Malioboro. Tidak terlalu jauh kan untuk bisa menyenangkan anak-anak?

Di sana nanti kamu dapat mengenalkan anak-anak pada jenis-jenis hewan. Selain itu kamu juga dapat memberi pengalaman naik unta dan gajah pada mereka. Ada berbagai wahana lainnya juga bisa dijajal selain naik unta dan gajah.

Seperti naik kereta mini, bermain dengan skuter air sampai atraksi hewan dapat. Semua itu dapat kamu saksikan di Gembira Loka Zoo ini.

Oh iya saat ini kalau kamu ingin ke Malioboro dan ingin berburu oleh-oleh jangan lupa berkunjung ke Teras Malioboro ya. Terdapat 2 pilihan mulai dari Teras Malioboro 1 di bekas bioskop Indra dan Teras Malioboro 2 di dekat Malioboro Mall.

Itulah beberapa tempat wisata di dekat Malioboro yang dapat kamu jadikan alternatif apabila bosan dengan jalanan Malioboro. Berbagai tempat wisata itu dapat kamu kunjungi dengan berbagai transportasi.

Mulai dari yang cukup jalan kaki, naik becak atau andong hingga ojek online dan Bus Trans Jogja boleh-boleh saja asalkan sesuai jarak tempuhnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.