Muslim Life Fair Jogja 2023

Muslim Life Fair Jogja 2023 dipastikan akan lebih baik daripada Mufair sebelumnya. Belajar dari pengalaman yang ada, mereka mencoba menjawab kebutuhan masyarakat Jogja dan sekitarnya. Khususnya terkait kuliner halal dan berniaga sesuai tuntunan syariat.

Muslim Life Fair 2023
kanaljogja.id

Menjadikan ajang pameran ini menjadi sesuatu yang patut dinantikan dan dihadiri. Mengusung tema #MlakuMeneh atau kita jalan lagi, Deddy Andu selaku Direktur LIMA Events menegaskan gelaran ini bisa menjadi obat kangen atas kerinduan Kota Jogja. Menjadi pelengkap bagi siapa saja saat berkunjung ke Jogja.

Terlebih pameran ini digelar selama musim liburan sekolah berlangsung. Andu berharap, wisatawan yang tengah berkunjung ke Jogja pun akan mampir ke Jogja Expo Center selama pameran berlangsung mulai tanggal 9 hingga 11 Juni 2023.

Muslim Life Fair 2023 #MlakuMeneh

kulineran di mufair 2023
kanaljogja.id

Muslim Life Fair 2023 hadir dengan format berbeda dan lebih baik karena ada data sebelumnya. Mengusung tema #MlakuMeneh menjadi tanda bahwa mereka ingin menjadi obat kangen akan acara sebelumnya.

Terutama dari sisi peserta bidang kuliner yang jumlahnya jauh lebih banyak dan beragam. Menjadi penanda bangkitnya UMKM Jogja pasca pandemi.

Tak hanya itu saja tapi kali ini mereka pun menggandeng Uki Kautsar yang tak lain mantan pentolan Noah dan Reda Samudra untuk menggarap SERLOK KULINER yang tak lain adalah program santai untuk memperkenalkan tempat / lokasi kuliner yang nyaman, enak dan halal. Tentu dari program ini peserta akan mendapat banyak informasi menarik terkait kuliner apa saja yang ada.

Berbagai kategori produk bisa ditemukan selama pameran berlangsung. Selain kuliner masih ada modest fashion & accessories, kids & baby products, komunitas & hobi, islamic book & publisher, kosmetik halal, halal travel, multi product dan islamic finance.

Berbagai Agenda Menarik Disiapkan

Selama pameran berlangsung juga akan diadakan pelatihan khusus sertifikasi halal bagi UMKM. Kegiatan ini bekerja sama dengan Halal Academy. Selanjutnya ada pula Expor Academy yang akan menjawab seluk beluk dunia expor.

Mereka yang miliki obsesi untuk memiliki franchise pun harus hadir dalam Muslim Life Fair 2023 ini. Selama pameran berlangsung akan diadakan bedah akad franchise sesuai hukum Islam dan aturan yang berlaku.

Kegiatan lain yang patut dinantikan tentu saja adanya Nikah Gratis pada ketiga. Menjadi ajang terbaik bagi mereka yang sedang mencari jodoh dengan cara yang dibenarkan.

Program acara lain yang tak kalah menarik tentu saja adanya bincang ilmu yang akan diisi orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Sebut saja Ustadz H. Muhammad Jazir, ASP dari Masjid Jogokaryan yang akan mengajak belajar dari Jogokaryan dan Ustadz Rizal Yuliar Putrananda, Lc. Yang akan mengulas berpahala lewat niaga dan masih banyak lagi.

Anak-anak pada event kali ini pun mendapat tempat yang istimewa. Ada banyak kegiatan yang diperuntukkan bagi tumbuh kembang anak. Mulai dari story telling anak bersama Kak Yogi Triandi LC, yang akan mengangkat judul “Abi, Umi, Aku mau jadi anak baik.”

Selain itu ada bincang ilmu bersama Ustadz Dr. Muhammad Arifin Badri, Lc., MA dan Ustadz M. Yogi Galih, BA., MH yang akan membahas Batasan Persahabatan Orang Tua dan Anak. Tak hanya itu saja tapi ada juga bincang ilmu seputar Kesehatan Suami-Istri dan Anak bersama Ustadz dr. Raehanul Bahraen, M.Sc, Sp.PK

Komunitas motor lokal pun akan hadir dalam bikers gathering. Pas buat kamu yang suka naik motor untuk bertemu dan berkumpul sesama pemotor lain. Pada event ini tentu ada banyak bahasan dan sesuatu yang menarik untuk kemudian dibawa pulang.

Dengan semua agenda dan acara yang telah disusun matang, pihak panitia menargetkan 20.000 ribu pengunjung selama 3 hari pameran. Dari jumlah tersebut diharapkan setidaknya terjadi 95% transaksi. Tercatat setidaknya ada 150 Exhibitors yang akan ikut serta dalam pameran ini. Menempati ruang seluas 5.700 m2.

Dukungan Penuh KPMI

Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI) sebagai motor dalam event ini pun berkomitmen untuk bagaimana UMKM yang ada di Jogja khususnya dan Indonesia pada umumnya untuk bisa bangkit pasca pandemi. Dalam kesempatan terpisah Sekjen KPMI Yogyakarta, Tito Betana Arizano menegaskan tren bisnis di Jogja usai pandemi bermunculan. Terutama bidang kuliner dan jumlahnya cukup banyak.

Brand-brand baru tersebut bermunculan dan ikut serta dalam Muslim Life Fair 2023 dan salah satu tujuannya sudah pasti agar lebih dikenal masyarakat luas.

Sebagai contoh ada brand Frutta Gelato, gelato halal dari Bali ini akan ikut serta dalam Mufair 2023. Ada juga Produk Makanan Malaysia, NIMS dan tentunya produk unggulan Jogja seperti Tengkleng Hohah, Bakso Pajero, Preksu tbk Group, Jogja Donuts, Seblak Asgar akan bisa ditemui.

KPMI menjadikan ajang ini bukan hanya sebatas pameran semata. Lebih dari itu sebagai upaya silahturahmi antar anggota. Berbagai program pun telah disiapkan untuk kemajuan dan pemberdayaan anggota. Mulai dari pertemuan bulanan yang fokus membahas soal bisnis.

Ada ruang dimana anggota bisa berdiskusi dan menemukan solusi atas apa yang terjadi. Mereka yang ahli disatu bidang akan sharing kepada anggota lain, terutama tentang fikih muamalah. Tujuannya untuk bagaimana berniaga sesuai syariat yang ada.

Tercatat saat ini setidaknya anggota aktif KPMI Jogja mencapai 500 pelaku usaha. Jumlah yang tak sedikit dan mereka ini harus dibantu dan dukung untuk tumbuh dan berkembang. Berbagai agenda yang ada selama pameran ini pun diharapkan mampu menjadi solusi bagi para anggota.

Setelahnya KPMI akan melakukan penguatan terutama bidang sistem, SDM, permodalan, perizinan dan lain-lain. Salah satu yang bisa dilakukan dengan melakukan pertemuan rutin hingga workshop.

Saat ini KPMI pun telah bekerja sama dengan beberapa mitra untuk membantu anggota. Salah satunya untuk permodalan telah terjalin kerja sama dengan lembaga keuangan BMT UMY.

Pos terkait