Naga Sepanjang 150 Meter Akan Meriahkan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta X di Kampoeng Ketandan

  • Whatsapp

Naga Batik sepanjang 150 meter akan memeriahkan Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) X. Acara tersebut akan digelar di Kampoeng Ketandan pada tanggal 1 hingga 5 Maret 2015 nanti.
Tema yang diusung dalam satu dekade PBTY ini adalah “Merajut Budaya, Merenda Kebersamaan.”

medcom.id

Untuk memeriahkan momen tahunan dan bertepatan dengan Imlek ini pihak panita telah menyiapkan berbagai agenda mulai dari pameran budaya, atraksi Barongsai, lomba karaoke lagu Mandarin, pertunjukan wayang Po Tay Hee. Dan yang pasti tak akan ketinggalan adalah aneka kuliner nan lezat dan bazar pernak pernik khas  Cina.

Selama lima hari nantinya Kampoeng Ketandan akan disulap menjadi Kampung Cina dan acara akan dimulai pukul 17:00 WIB hingga 22:00 WIB. Berbagai ornament warna merah dan lampion akan memenuhi seluruh wilayah pada masa pekan budaya Tionghoa sehingga akan mirip dengan Cina Town.

Uniknya pada tahun ini aka nada kolaborasi pementasan Wayang Cina Jawa atau Wacinwa. Sedang lakon yang akan dimainkan adalah Sin Teng San dan Sin Jin Koei.

Acara akan dimulai pada hari Minggu 1 Maret 2015 dengan karnaval budaya yang mulai dari Taman Parkir Abubakar Ali menuju Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Pada karnaval budaya kali ini akan dimeriahkan Jogja Dragon Festival (JDF) IV.

Jumlah group naga yang akan memeriahkan event ini adalah 15 group naga. Pihak panitia telah menyediakan hadiah total hingga Rp 30 juta. Selain itu juga ada trofi atau “Piala Raja-Hamengku Buwono X.”

Bukan hanya itu saja tapi Museum Rekor Indonesia atau MURI akan datang untuk mencatat proses pemecahan rekor Naga Batik Raksasa dengan panjang 150 meter. Sebelumnya di tanah air rekor naga terpanjang adalah 131 meter. Bukan hanya panjang tapi ada motif batik tentu akan menjadi beda.

Selanjutnya selama 5 hari itu para pengunjung dapat menyaksikan berbagai atraksi kesenian khas Cina. Pihak panita juga mengundang partisipasi dari masyarakat untuk datang dan bagi kelompok kesenian untuk turut serta memeriahkan event tahunan ini.

Namun bagi yang ingin merasakan suasana Imlek lebih awal bisa datang pada acara Jogja Kreatif #21 yang akan digelar pada Minggu 15 Februari 2015. Nantinya sepanjang Jalan Sudirman akan dihiasi dengan segala pernak pernik berbau budaya Tionghoa.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *