Bendung Tegal Salah Satu Potensi Wisata Alam di Imogiri Jogja Selain Desa Wisata, Hutan Pinus, dan Kebun Buah Mangunan

  • Whatsapp

Berbicara tentang Imogiri bukan hanya sebatas makam para raja. Tapi ditempat ini tersimpan sejuta keindahan dan potensi. Selain ada Kebun Buah Mangunan, Hutan Pinus dan Desa Wisata ternyata di kecamatan diselatan Jogja ini masih ada objek wisata alam yang sangat menarik.

bendung tegal imogiri
sobondeso.blogspot.com

Bendung Tegal, begitu masyarakat setempat menyebutnya. Bendungan yang pada awalnya dibangun untuk sarana irigasi masyarakat sekitar ternyata bisa dimanfaatkan sebagai objek wisata yang sangat menarik.

Objek wisata yang bisa dinikmati tanpa harus merogoh kocek yang dalam karena berkunjung ke tempat ini belum dipungut biaya. Lain halnya bila sedang ada event semisal lomba perahu naga.

Pasalnya beberapa tahun yang lalu tempat yang jaraknya sekitar 17 kilometer dari pusat kota Jogja ini pernah terpilih sebagai tuan rumah.

Untuk menjangkaunya juga tidaklah sulit. Cukuplah dengan kendaraan roda dua dan berjalan ke arah selatan melalui Jalan Imogiri timur dan belok di Siluk untuk masuk wilayah Desa Wisata Kebun Agung, Imogiri.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke lokasi ini adalah pada sore hari. Tak jarang ada beberapa remaja yang memadu kasih dan orang tua yang “momong” anaknya akan datang ke tempat ini. Bukan hanya sekedar melihat aliran air dari Sungai Opak. Tapi juga melihat keindahan alam sewaktu sang surya kembali ke peraduan.

Objek wisata ini memang belum banyak dikenal publik, jadi tak ada salahnya ketika berkunjung untuk mengabadikan dengan jepretan kamera. Jangan lupa upload di jejaring social dan biarkan teman yang lain melihat dan penasaran.

Pada akhirnya orang pun tahu bahwa potensi wisata di Imogiri tidak saja hanya itu-itu. Tapi ada banyak tempat yang bisa dikunjungi.
Bagiyang suka memancing ta  ada salahnya untuk membawa joran kesayangan.

Atau bagi yang suka dengan olahraga menantang disini juga ada masyarakat  yang menyediakan perahu untuk disewa. Cukup murah untuk pengalaman yang sangat menantang.

Bendung Tegal memiliki luas perairan sekitar 3 hektar dan jumlahnya bisa jadi akan bertambah pada saat musim hujan. Sedang lebar sungai yang dibendung kira-kira mencapai 100 meter. Air yang mengalir diatasnya cukup tenang sehingga sangat cocok untuk berbagai kegiatan olahraga air semisal dayung.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *