Nelayan Pantai Drini Temukan Batu Misterius

Nampaknya fenomena batu akik masih begitu kuat di publik Jogja. Salah satu bukti terakhir beberapa waktu lalu dengan ditemukan batu misterius yang belum jelas jenisnya tapi telah menghebohkan warga sekitar.

batu-misterius-pantai-drini
jogja.co

Batu tersebut ditemukan di Pantai Drini, Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Dan warga yang menemukannya adalah Wasono yang tak lain adalah anggota SAR sekaligus nelayan setempat.

Batu seberat lebih kurang 150 kilogram tersebut ditemukan pada Selasa (5/5/2015) lalu. Saat itu Wasono akan menangkap ikan dan melihat ada satu batu yang beda dengan yang lain. Merasa penasaran maka batu itu di bawa pulang.

Keanehan terjadi saat batu akan dibawa pulang yang mana meski telah diangkat 5 orang tidak bisa bergerak. Tapi setelah dimintakan doa oleh salah seorang tetua desa maka batu itu bisa dipindahkan.

Kabar tentang penemuan batu tak lazim dengan mudah tersebar ke telinga warga. Banyak dari mereka penasaran untuk melihat lebih dekat batu apa itu sebenarnya.

Keanehan lain terjadi manakala batu hendak dipotong untuk dijadikan batu akik yang tak bisa dipukul karena akan menjadi butiran. Batu hanya bisa dibuat lebih kecil dengan cara digergaji.

Kepada Harian Jogja yang menyambanginya, Wasono mengaku bahwa dirinya menemukan batu tersebut secara tidak sengaja. Sebagai nelayan yang biasa mencari ikan dirinya tahu persis mana batu pantai selatan dan mana yang bukan.

Kepada wartawan anggota Tim SAR ini juga tak paham batu jenis apa yang sebenarnya ia temukan. Dari beberapa pengunjung yang datang ada yang mengatakan kalau batu tersebut adalah pecahan meteor tapi ada juga yang mengatakan sebagai salah satu jenis batu akik.

Sepintas batu besar tersebut memiliki tekstur seperti arang tapi lebih kuat dan tajam. Anehnya bila dijadikan batu akik ketika disenter tidak tembus tapi bila malam tiba dan terkena sinar akan berkilauan.

Hingga saat ini telah ada beberapa orang yang berusaha menawar batu tersebut untuk dijadikan akik. Tapi sampai saat ini pihaknya belum bersedia melepasnya. Kalaupun tidak menemukan harga yang cocok maka batu ini akan disimpan sebagai koleksi pribadi.

Ketika dijadikan batu akik, batu temuan Wasono ini cukup unik karena berbeda dengan akik pada umumnya. Meski tidak tembus tapi tetap memiliki keunikan pada tekstur dan warna dimana batu jenis ini termasuk langka.

Pos terkait