Nikmati Kelezatan Sate Buntel Tambak Segaran

  • Whatsapp

Adakah yang tahu menu kesukaan Presiden Joko Widodo? Mantan Wali Kota Solo itu tak lain dan tak bukan adalah penggila sate buntel. Sate yang terbuat dari daging giling ini tidak saja popular di Solo. Tapi di Jogja pun tak kalah besar peminatnya.

sate buntel tambak segaran
ungumerahmuda.blogspot.com

Sate buntel di Jogja yang tersohor ada di Jalan Brigjen Katamso 192, persis di sebelah Bank Danamon. Para pengunjung banyak yang menyebutnya dengan nama Warung Sate Kambing Tambak Segaran.
Meski baru buka jam 12.00 WIB siang tapi tempat ini biasanya sudah penuh sesak pada pukul 12.30 WIB. Maklum saja banyak pelanggan yang ingin menikmati makan siang dengan menu sate terbuntel lemak ini.

Saat ini warung sate legendaris tersebut dikelola Willy yang tak lain adalah cucu dari pencipta resep sate berukuran jumbo ini. Warung sate yang telah buka sejak 1987 ini adalah generasi ketiga dari warung yang kali pertama buka di Tambak Segaran, Solo. Sedang resep sate kaya bumbu ini diciptakan Lim Hwa Youe pada 1948 silam.

Dikatakan sate buntel karena dalam proses pembuatannya daging cacah bumbu rempah dibuntel menggunakan lemak kambing. Jadi jangan kaget bila ukuran sate akan beda dengan sate pada umumnya.

Soal rasa jangan ditanya, daging cacah yang dibakar ini sangat lezat dan membuat para pembeli ingin datang kembali. Kelebihan lain dari sate ini ternyata bisa menghilangkan bau prengus yang ada pada kambing. Sebab, tak sedikit yang mengeluhkan bila mereka harus menyantap sate dengan bau tidak enak tersebut.

Untuk menikmati sajianberbahan kambing ini relatif lebih mudah daripada sate yang lain. Sate yang terhidang tidak ada lagi tusuknya dan rasanya lebih lembut karena daging telah digiling. Cukup memotong dengan sendok dan menambahkan nasi maka sajian siap disantap.

Agar lebih lezat bisa ditambahkan bumbu kecap encer dan sambal. Bisa juga ditambahkan dengan irisan timun yang dibuat acar serta irisan bawang merah. Rasanya semakin menggugah selera.

Berhubung tempatnya ramai kalau mau merasakan nikmatnya resep keluarga yang telah ada sejak puluhan tahun lalu maka harus sabar. Tak mengapa menunggu beberapa waktu untuk merasakan lezatnya sate buntel. Semua itu akan terbayar dengan satu porsi sate yang cukup mengenyangkan.

Warung sate ini juga menyediakan menu lain yang menggunakan bahan dasar dari kambing seperti gulai dan tengkleng. Dua menu terakhir ini juga mampu menggoyang lidah terutama karena bahan yang digunakan dipadupadankan dengan bumbu istimewa.

Menikmati sate buntel tambak segaran dan masih belum kenyang. Cobalah sate Petir Pak Nano, Sate Pak Turut atau Sate Mbah Margo. Sesuaikan kamu ada di sisi sebelah mana dan pilih terdekat tentunya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *