5 Pantai di Jogja yang Sukses Bikin Baper

Jogja itu indah tanpa batas. Ada banyak tempat yang sangat iconik dan membuat siapa saja ingin datang kembali. Terutama spot indah pantai di Jogja yang begitu melimpah.

pantai jogan pantai di jogja
instagram.com/yosafatyk

Jangan berpikir Jogja itu hanya Malioboro. Hampir dipastikan semua tempat begitu romantis.

Mulai dari sudut kota yang menyenangkan. Orang-orang yang terkenal ramah hingga pemandangan alamnya yang begitu menakjubkan.

Objek wisata di Jogja begitu melimpah. Kamu hanya tinggal memilih, ke mana kamu akan melabuhkan penatmu atau hanya sekadar mengukir kenangan.

Berbicara soal keindahan alam, Jogjalah yang paling menawan. Mau alam yang seperti apa, alam perkotaan, alam perdesaan, alam pegunungan atau alam yang berbau-bau air seperti pantai?

Di Jogja semua begitu lengkap. Bahkan alam makhluk ghoib pun ada.

Di tempat ini sudah banyak tulisan yang membahas tentang Malioboro dan lain-lain yang ada di pusat kota. Tetapi kali ini, bukan tentang Malioboro.

Melainkan tentang tempat yang di mana kamu bisa mengukir kebahagiaan melalui keindahan alam. Atau mungkin bisa juga kamu gunakan untuk menumpahkan air mata.

Di mana kah tempat itu?

Deretan Pantai di Jogja

Pantai merupakan tempat yang pas untuk menikmati keindahan alam. Di sanalah kamu bisa mengukir kenangan.
Entah kenangan pahit atau kenangan manis yang nantinya bisa kamu ingat-ingat seumur hidup.

Di Jogja pula terdapat berpuluh-puluh pantai yang bisa disinggahi. Atau kamu juga bisa menjelajahi setiap pantainya.

Pantai-pantai tersebut mayoritas terletak di Gunungkidul. Dan mereka memang surganya pantai.

Andai kamu ingin datang ke daerah ini dan belum mengetahui rutenya. Jangan khawatir karena kini jalan begitu mulus.

Selain itu terdapat plang atau papan penunjuk yang siap mengantar. Masih ragu, tak ada salahnya untuk buka maps atau waze di smartphone.

Bahkan mungkin pantai yang belum banyak diketahui dan dijamah wisatawan pada umumnya. Kamu bisa tahu lebuh dulu dari tempat ini.

Baca juga: Daftar Objek Wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta

Penasaran apa saja pantai di Jogja yang sukses bikin baper dan berikut deretannya:

1. Pantai Jogan

pantai jogja jogja
tripisia.id

Ketika ke pantai hal yang paling lumrah tentu saja main air dan main pasir. Namun tidak demikian bila ke pantai Jogan.

Pantai Jogan menawarkan sesuatu yang berbeda. Sangat pas bagi mereka yang suka tantangan dan berbau alam karena kamu bisa bermain tali untuk menuruninya.

Di pantai Jogan ini terdapat air terjun yang bisa kamu gunakan untuk bermain. Air terjun di pantai ini tingginya lebih kurang 10 meter.

Dan asyiknya air terjun ini bersumber langsung dari perbukitan Karst yang ada di dekat sana. Ingat untuk berada di sini harus di dampingi mereka yang profesional dalam hal tali temali.

Tidak hanya itu, kamu akan dibuat tercengang, karena air terjun langsung jatuh ke pantai. Sehingga kamu bisa menikmati dua air sekaligus saat bermain-main di dekat air terjun tersebut.

Menyenangkan bukan?

Untuk masuk ke kawasan pantai ini, tarif yang akan digunakan relatif murah. Kamu hanya akan dikenakan biaya masuk yang sangat terjangkau untuk kantong mahasiswa sekalipun.

2. Pantai Indrayanti

pantai indrayanti pulau jawa
shutterstock

Hal-hal yang berbau keromantisan biasanya bersangkutan dengan pasangan. Tetapi tidak untuk yang satu ini.

Pantai Indrayanti seringkali disebut dengan pantai romantisnya Jogja. Karena di pantai itu kamu akan menemukan hamparan pasir putih yang berpadu dengan jernihnya air laut.

Meskipun terkenal sebagai pantai romantis, siapa pun boleh berkunjung kok tidak harus dengan pasangannya. Buat yang jomblo pun boleh kok datang ke sana.

Siapa tahu dari sesama nasib tanpa pasangan akan bertemu jodoh di pantai ini.

Pantai Indrayanti tidak hanya menyajikan alam saja. Di sana menyediakan fasilitas yang beragam.

Mulai dari persewaan jetsky, restoran makanan yang menyajikan menu khas pantai. Hingga penginapan untuk bermalam di pantai ini.

Nah meskipun memiliki fasilitas yang lengkap, harga tiket masuk pantai Indrayanti masih relatif murah, tenang saja kok.

Jika kamu ingin mengejar sunset atau sunrise, kamu bisa memilih alternatif penginapan. Di sana nanti kamu bisa menginap satu malam dengan harga mulai Rp 100.000,00 an.

Harga itu akan terganti pemandangan yang begitu menakjubkan. Sehingga uang yang kamu keluarkan tidak terasa dan kekecewaan pun akan sirna begitu saja.

3. Pantai Nglambor

pantai nglambor
instagram.com/sefatromina

Berbagai pantai akan ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan atau hari libur tiba. Sehingga kadang pantai-pantai yang sudah direncanakan datang penuh.

Nah jika demikian adanya, kamu bisa memilih pantai lain sebagai alternatifnya.

Salah satunya yakni Pantai Nglambor. Pantai ini tempatnya tidak jauh dari Pantai Jogan.

Pantai ini tidak kalah indah dengan pantai lainnya yang ada di Gunungkidul. Selain memiliki pasir pantai yang lembut, ombak-ombaknya begitu tenang.

Pantai ini juga cocok buat kamu yang senang snorkeling atau menyelam menikmati keindahan bawah laut. Karena apa, pemandangan dan panorama bahwa lautnya tiada duanya.

Terumbu karang yang begitu cantik dan beberapa hewan laut yang menggemaskan akan kamu temukan di sana. Biaya masuknya juga sangat bersahabat dengan kantong tentunya.

4. Pantai Siung

pantai siung jogja
instagram.com/dhe_theiiyaaaa

Penggemar panjat tebing tentu sangat familiar dengan pantai yang satu ini. Karena di pantai ini banyak sekali medan yang bisa digunakan untuk panjat tebing.

Berbagai tipe jalur bisa dipilih. Mulai dari yang biasa hingga miliki tingkat kesulitan tinggi.

Pantai ini juga sering digunakan sebagai lokasi panjat tebing bergengsi. Tak jarang mereka yang berasal dari mancanegara pun ke pantai ini.

Asyiknya lagi, kamu bisa melihat keindahan pantai ini dari ketinggian. Pantai mana sih itu?

Jika kamu memikirkan Pantai Siung, sudah barang tentu kamu benar.

Di Pantai Siung ini banyak tebing-tebing berdiri gagah di sekitaran pantainya. Apabila kamu bisa memanjatnya, kamu akan menikmati keindahan pantai ini dari atas tebing.

Bagaimana jika tidak bisa? Tenang saja kamu juga bisa menikmati pantainya saja.

Mungkin dengan berfoto atau berselfie atau bermain air di pinggiran pantai. Tidak harus memanjat tebingnya.

5. Pantai Timang

pantai timang gunungkidul
instagram.com/m.travelingjogja

Pantai Timang merupakan pantai yang memiliki konsep berbeda dari yang lainnya. Di pantai ini kamu akan melihat pulau kecil yang terbentuk dari tumpukan bebatuan karang dan tebing yang sangat curam.

Lalu apakah bisa menjamah pulau kecil yang berada di tengah laut itu? Tentu saja bisa.

Para penduduk desa atau pengurus pantai sudah menyediakan gondola tradisional agar kamu bisa menuju pulau kecil itu. Selain itu sudah ada gondala yang lebih modern dan jembatan yang bisa menjadi alternatif penghubung.

Betapa menyenangkannya berada di ketinggian 9-11 mdpl saat menaiki gondola. Ketika melihat ke bawah dan sekitarnya, kamu bisa melihat luasnya laut dengan deburan ombaknya.

Tidak hanya itu, di pulau kecil tersebut kamu bisa menemukan lobster berkeliaran. Uh, kelihatannya mengasyikkan seperti yang ada di televisi bukan.

Selain 5 pantai di Jogja diatas masih banyak lokasi yang bisa bikin kamu baper dan harus dituju. Jangan ragu untuk sediakan waktu lebih banyak saat berada di Jogja untuk optimalkan pengalaman menyenangkan tanpa batas.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.