Pasar Klitikan, Tempat Berburu Barang Antik dan Aksesoris

  • Whatsapp

Sepuluh tahun yang lalu ketika orang mengatakan Pasar Klitikan seolah akan menggiring pada Pasar “Maling.” Pasar yang konon tempat mencari barang-barang hasil curian.

pasar pakuncen
Facebook.com/Pasar.Klithikan.Pakuncen.Jogja/

Tapi kini identitas Pasar Klitikan sebagai pasar maling telah hilang. Yang ada sekarang hanya pasar untuk mencari barang unik dan langka. Selain itu seiring pertumbuhan ekonomi kini pasar yang terletak di Jalan HOS Cokoroaminoto No 34, Kucen, Bantul ini telah dijejali dengan berbagai produk baru.

Pedagang ini dulunya berasal dari pedagang yang ada di Jalan Mangkubumi atau selatan Tugu Jogja. Karena lokasinya ada di pinggir jalan dan menganggu lalu lintas maka pemerintah kota merelokasi agar lebih tertata.

Pada awalnya Pasar Klitikan yang ada di Kucen tidak seramai sekarang. Bahkan dulu ada beberapa pedagang yang direlokasi memilih pergi karena sepi. Namu berkat sosialisasi yang gencar maka pasar ini menjadi tujuan utama untuk mencari pernak-pernik atau aksesoris.

Mayoritas yang ada adalah barang KW atau asli tapi palsu. Meski demikian jangan tanya soal kualitas. Meski harganya relative murah karena bisa ditawar tapi kualitasnya tidak kalah jauh dengan yang di jual di mall.

Untuk pasar bagian barat akan di temukan berbagai barang unik seperti uang kono, aksesoris, majalah atau buku dan segala hal yang bisa di bilang jadul. Ponsel juga mudah ditemukan ditempat ini baik yang bekas maupun yang baru.

Beralih ke sisi timur barang yang dijajakan jauh lebih komplit mulai dari sepatu, celanam baju, jaket dan aneka sandang juga ada. Selain itu ada juga berbagai alat otomotif dan akesorisnya mukai dari pelg, stang, lampu, mur baut hingga helm.

Bila diperhatikan lebih detail antara satu penjual dengan penjual yang lain memiliki produk yang sama. Hal ini tentu saja akan memudahkan para pembeli untuk memilih produk yang diinginkan.

Bila ingin harga yang kompetitif dalam menawar lakukan cek 3 harga. Artinya sebelum memutuskan untuk membeli ada baiknya mencoba menanyakan pada 2 toko yang lain. Harga yang paling murah untuk produk yang sama tentu menjadi pilihan.

Tentu akan menjadi pengalaman yang mengasikan, berburu barang antic sembari jalan-jalan di Pasar Klitikan. Kalau pun tidak mendapat apa yang di cari setidaknya bisa membuat hati senang seusai cuci mata.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *