Patung Nyi Ageng Serang Wates Dijadikan Titik Nol

  • Whatsapp

Patung Nyi Ageng Serang dalam waktu dekat akan ditetapkan sebagai titik nol Kota Wates. Saat ini sedang taraf finishing dan rencananya akan diresmikan bertepatan dengan tanggal 1 Januari 2015.

nyi ageng serang
indoplaces.com

Peresmian tersebut akan ditandai dengan penyalaan kembang api dan akan dirayakan bersama dengan masyarakat Wates dan sekitarnya. Jadi untuk warga sekitar yang tidak ada rencana bisa berkumpul di titik nol untuk merayakan tahun baru bersama.

Seperti yang terlihat beberapa minggu terakhir pihak Pihak Pemda Kulonprogo melakukan perbaikan patung Nyi Ageng Serang. Saat ini patung kebanggaan kota Kulon Progo ini telah di tinggikan. Tiang penyangga yang semula 3 meter telah berubah menjadi 8 meter. Sedang patungnya dibuat berukuran 4 meter.

Sehingga dari kejauhan patung ini terlihat lebih jelas dan gagah. Agar tampilan lebih cantik patung kuda di cat warna putih kemudian di sorot lampu yang terang. Dengan demikian saat malam hari akan terlihat sangat indah. Tidak berhenti disitu tapi patung ini juga dihiasi dengan air mancur.

Nyi Ageng Serang adalah pahlawan nasional Indonesia. Ia lahir di Serang, dan memiliki nama asli Raden Ajeng Kustiyah Wulaningsih Retno Edi. Nyi Ageng Serang juga merupakan salah satu dari keturunan Sunan Kali Jaga dan ia memiliki keturunan yang sangat terkenal yang bernama Ki Hajar Dewantara.

Salah satu alasan patung Nyi Ageng Serang di buat di Kulonprogo tak lain karena jasanya berjuang untuk negara. Dan kebetulan Kulonprogo adalah tempat dimana ia dimakamkan atau lebih tepatnya ada di daerah Kalibawang.

Fakta yang tak kalah menarik tentunya ia masih ikut berperang di usia 73 tahun.  Beliau memimpin pasukan dengan di gotong tandu, hampir mirip Jendral Sudirman. Meski usia tak muda lagi tapi jiwa tetap bergelora mempertahankan tanah air dari penjajahan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *