Curug Pulosari, Objek Wisata Tersembunyi di Belakang Desa Krebet

  • Whatsapp

Pernah mendengar Desa Wisata Krebet, mungkin kalau pernah mendengar atau bahkan datang yang terlihat adalah desa wisata kerajinan kriya. Tapi ternyata dibalik desa tersebut tersimpan keindahan curug yang sangat luar biasa.

curug pulosari krebet
rentalmobiljogja.id

Curug Pulosari, demikian yang tertulis dalam plang atau papan penunjuk. Letaknya agak masuk kedalam karena persisnya ada di Dusun Njurug/ Krebokan Kulon, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul. Lokasinya masih benar-benar alami sehingga memberikan kesan eksluif bagi siapa saja yang berkunjung.

Untuk menjangkau objek wisata ini paling pas menggunakan sepeda alias nge-gowes. Pasalnya selain jalan yang belum mulus area sekitar masih berupa pemandangan alam yang akan sangat disayangkan kalau terlewatkan.

Maka dari itu bila ingin berkunjung datanglah minggu pagi dengan bersepeda. Nanti ditempat tersebut akan dijumpai para wisatawan lain yang juga datang dengan naik sepeda.

Tak jarang para wisatawan akan mengalami tersesat terlebih dahulu untuk kemudian sampai ditujuan. Tapi jangan kuatir, masyarakat sekitar pedesaan sangat ramah dan mereka akan dengan senang hati menunjukan lokasi curug yang konon indahnya tak kalah dengan Tawangmangu.

Untuk menuju Curug Pulosari paling mudah kalau dari Jogja masuk lewat Ring Road Selatan menuju Pabrik Gula Madukismo kemudian lurus ke barat dan mengikuti jalur tersebut.

Nanti akan ditemukan Patung Semar Ukuran Besar, atau bila sudah masuk Desa Wisata Krebet bisa minta petunjuk masyarakat sekitar agar lebih jelas. Maklum saja jalan desa yang berkelok-kelok kadang membuat orang bingung harus ambil jalan yang mana.

Untuk sampai ke curug pun kendaraan harus diparkir lumayan jauh. Tapi dengan perjalanan sekitar 10 – 15 menit akan ditemukan air terjun yang di cari.

Di tempat tersebut biasanya akan banyak anak-anak yang mandi. Terutama bila sedang musim kemarau. Tapi bila musim hujan sangat di sarankan agar tidak terlalu mendekat dengan curug. Bisa saja terjadi banjir tiba-tiba dan hal itu akan membahayakan siapapun yang ada di bawahnya.

Curug ini hanya memiliki ketinggian tak lebih dari 5 meter. Sedang kedalaman air bisa sampai 1,5 hingga 2 meter yang semua itu tergantung volume air. Selain kini dijadikan objek wisata, air yang ada digunakan masyarakat sekitar untung mengairi sawah.

Jangan lupa untuk membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen terbaik diarea Curug Pulosari. Jadi dengan bersepeda ke tempat ini maka selain sehat badan akan menyehatkan pikiran juga.

Berbicara tentang curug atau air terjun di Jogja ternyata ada banyak sekali yang bisa di pilih baik itu yang ada di Bantul, Gunungkidul ataupun Kulonprogo. Di 3 kabupaten kaya akan keindahan alam ini terdapat curug-curug yang harus di tuju semisal Setawing, Grojogan Sewu, Cengkehan, Siluwuk, GanduSidoarjo, Gedhe, Nglarangan, Kali Bulan, Banyunibo, dan masih banyak lainnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *