2 Peluang Usaha Era Digital yang Menjanjikan

  • Whatsapp

Peluang usaha era digital tentu sangat menarik untuk di ulas, betapa banyak kita lihat mereka telah sukses di bidangnya. Dan saya pun tentu sedang berproses ke arah sana meski kemampuan baru seujung kuku.

peluang usaha era digital
kanaljogja.id

Dengan mengetahui berbagai peluang tersebut, maka setidaknya bisa semakin mudah mendapatkan kesempatan untuk menjajal dunia anak muda ini. Ada banyak yang telah membuktikannya.

Terlebih di masa pendemi seperti saat ini dimana ruang gerak kita dibatasi. Tentu ada opsi lain yang bisa dipilih untuk tetap bertahan hidup. Salah satunya tentu saja memaksimalkan teknologi informasi.

Banyak Peluang Usaha Menjanjikan Era Digital

Kini ada banyak peluang usaha era digital, bisa puluhan bahkan mungkin lebih. Tapi dari sekian banyak peluang tersebut, setidaknya ada 2 yang bisa dicoba:

1. YouTuber / Vlogger

Tentu kamu sering melihat video-video keren di YouTube bukan? Jika memiliki keterampilan berbicara, sebaiknya mencobanya. Atau kalau tidak pun bisa mencoba banyak hal yang kemudian di dokumentasikan.

Menjadi YouTuber terlihat jelas menjadi sebuah peluang usaha menjanjikan era digital. Bapau dan Atta Halilintar menjadi salah satu bukti tak terelakkan akan kesuksesan mereka.

Ada banyak YouTuber lainnya yang telah sukses, sebut saja seperti Yudis Ardana, Ria Ricis, dan lain sebagainya. Mereka mendapatkan keuntungan dari iklan Adsense yang tampil pada videonya. Tak hanya itu saja tapi tentunya endorsement yang sering mereka dapat.

Tips Jadi YouTuber:

• Buat konten unik dan bermanfaat
• Edit konten seoptimal mungkin
• Membangun branding dengan baik
• Lakukan promosi, baik melalui media sosial maupun lainnya
• Ajak penonton melakukan like, subscribe, dan share
• Jawab setiap komentar dengan bijak
• Rutin membuat konten

2. Blogger

Bidang ini yang coba saya tekuni sejak beberapa tahun terakhir. Berbekal sedikit kemampuan menulis mencoba membuat sebuah blog.

Dan kamu tentunya yang memiliki hobi menulis, menjadi blogger merupakan pilihan tepat. Melalui media ini para blogger tak perlu pusing lagi menuangkan ide dan pikiran karena mereka memiliki wadah yang tepat.

Sebelum internet seperti sekarang, seseorang yang ingin tulisannya dibaca banyak orang memerlukan proses lama. Mulai dari menulis, mengajukan pada penerbit, menunggu disetujui, sampai menunggu dibeli pembaca.

Modal yang dikeluarkan pun tentu besar. Berbeda dengan blog, kita hanya memerlukan semangat menulis. Dibuat secara gratis pun bisa. Modalnya hanya waktu dan kemauan bertindak. Namun bagi yang ingin lebih profesional, menggunakan domain dan hosting lebih direkomendasikan.

Selesai menulis kita bisa langsung mempublikasikannya, dan bisa dibaca publik. Memang butuh waktu untuk bisa dibaca orang banyak. Harus belajar teknik penulisan SEO dan lainnya.

Namun jika kita mampu membangun branding dengan baik, mendatangkan banyak pembaca adalah perkara mudah.

Ada banyak yang membuktikan, blog yang dirintisnya mampu menghasilkan hasil fantastis. Misalnya saja Eka Lesamana. Pemuda cerdas yang hanya lulusan SMP tersebut mampu mendulang penghasilan hingga puluhan juta setiap bulannya.

Tips Sukses Menjadi Blogger

• Buat niche atau tema blog sesuai passion atau minat sehingga lebih mudah dalam membuat konten
• Jadi diri sendiri agar lebih unik dan mudah membangun branding
• Menulis hal-hal bermanfaat yang dibutuhkan banyak orang
• Mempelajari teknik SEO sehingga tulisan dapat tampil di halaman pertama pencarian
• Buat judul dan tulisan berkualitas
• Gunakan gambar yang menarik dan sesuai isi konten
• Buat tulisan minimum 2 artikel setiap hari
• Jangan berfokus pada penghasilan
• Berkarya dengan tujuan mulia, maka penghasilan datang dari berbagai sumber

Menjadi Youtuber ataupun Blogger yang psati butuh konsistensi untuk menjalankan proses secara berkelanjutan. Tanpa semangat untuk terus belajar dan memproduksi konten maka semua akan sia-sia.

tips sukses menjadi konten kreator

Untuk memiliki blog yang bagus tentu kita juga membutuhkan domain dan hosting. Untuk pemula tak perlu sesuatu yang mahal. Cukup dengan hosting murah dan tidak murahan pun sudah bisa berjalan.

Ada banyak pilihan hosting ditawarkan dan ada baiknya pula untuk mencari tahu lebih detail ciri-ciri hosting yang baik. Selain tidak mudah down tentunya kita butuh server yang dekat dan suport yang baik.

Jangan lupa untuk cek domain guna memastikan benar-benar bisa dipakai. Nama domain hendaknya tidak panjang, unik dan menarik. Setidaknya mewakili diri kita atau bisnis yang coba di bangun.

Pelan dan pasti dua peluang diatas harus dijalankan dengan konsisten. Jangan mudah lelah dan putus asa karena itu awal dari kegagalan.

Selain kedua contoh di atas sebenarnya masih ada banyak peluang usaha era digital lainnya. Bahkan kamu bisa memanfaatkan media sosial. Misalnya saja menjadi selebgram atau facebook gaming creator.

Komitmen untuk senantiasa dipegang adalah berupaya membuat konten yang positif dan bermanfaat. Jangan karena ingin mendapatkan banyak penghasilan, segala cara dihalalkan.

Tetapkan target sejak awal sebagai proses untuk belajar dan berkarya. Jangan pernah letih untuk belajar karena ilmu dan wawasan senantiasa berkembang setiap saat.

Hasil tak akan pernah bisa membohongi proses. Bila saatnya tiba niscaya kita akan petik buah jerih payah yang ditanam.

Tulisan ini aslinya sengaja saya buat untuk menjadi pengingat bagi saya pribadi untuk tetap fokus belajar dan memproduksi konten. Isi lebih banyak saya dapat dari mereka yang telah berkecimpung dalam dunia konten kreator

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 Komentar

  1. OMG! Buat tulisan minimum 2 artikel setiap hari?

    nah ini PR banget, secara saya masih 1-2 artikel per minggu … mungkin ya karena emang belum niechenya juga sih

    makasih ya infonya dah diingetin

  2. Aku nggak sanggup bikin 2 artikel sehari. Satu artikel seminggu aja udah hebat. Mungkin karena aku banyak riset dan buat foto kali ya. Youtube aku nih yang mulai berdebu nggak keurus. Terima kasih tulisannya kak. Ini jadi reminder aku juga untuk lebih giat ngeblog dan kalau bisa mulai serius lagi di YT.