Pengembang Optimistis Tahun Ini Dunia Property Jauh Lebih Baik Dari Tahun Lalu

  • Whatsapp

Para pengembang dari dunia property merasa lebih optimistis bahwa tahun 2015 ini menjadi tahun kebangkitan dunia property tanah air setelah sempat turun pada tahun 2014 lalu sebagai akibat tahun politik. Adanya inflasi dan suku bunga yang tinggi diyakini tidak akan terlalu berpengaruh dalam iklim investasi pada sektor property.

rumah murah bersubsidi jogja
jogja.tribunnews.com

Rasa optimistis ini disampaikan oleh CEO Samara Dana Property dan Rotterdam Property Nathalia Sunaidi beberapa waktu lalu kepada Properti & Bank beberapa waktu yang lalu. Menurutnya jenis property yang akan mengalami peningkatan cukup signifikan adalah jenis landed house atau rumah tapak. Sebaliknya untuk jenis highrise dirasa return yang ada lebih rendah.

Bukan tanpa dasar, tapi pihaknya telah melakukan riset dan bisa ketemu angka 20% yang bisa di jangkau. Tak dapat dipungkiri bahwa setiap tahun lahan yang ada akan semakin berkurang. Hal inilah yang memaksa harga rumah akan terus naik setiap tahunnya.

Baca juga: Aneh, Rumah Minimalis Tidak Bersubsidi Tapi Harganya Murah

Masih menurut wanita yang dikenal sebagai ahli hypnoterapis ini, siapapun yang bisa membeli tanah atau property tidak akan bisa rugi. Meski terjadi salah pilih tapi asset akan terus bertambah.

Namun demikan para investor tetap harus bisa mengambil langkah cerdas. Tujuannya tentu saja agar harga property bisa naik lebih cepat daripada bangunan yang ada pada lokasi yang dinilai kurang strategis.

Menurut Nathalia apa yang terjadi pada tahun 2014 lalu adalah sesuatau yang wajar. Dimana tengah terjadi tahun politik dengan pemilihan anggota DPR dan Presiden. Imbasnya bagi para pengembang akan lebih memilih wait & see sebelum mengambil keputusan.

Baca juga: Hunian Strategis dengan Konsep Alami

Semakin membaiknya iklim investasi tahun ini tak lepas dari stabilitas ekonomi makro, kebijakan moneter pemerintah dan tentu saja faktor fiskal dan sektor riil yang semakin baik.

Patut diapresiasi bahwa pemerintah baik pusat maupu daerah berkomiten untuk meningkatkan daya saing. Selain itu adanya revolisi mental yang dicanangkan Jokowi memberi angin segar bahwa kedepan sektor property akan jauh lebih baik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *