Program Pendestrian Malioboro Bakal Diuji Coba, Catat Tanggal dan Ketentuannya

  • Whatsapp

Suasana baru bakal kamu temukan saat berkunjung ke Malioboro di November 2020 ini. Tak ada lagi cerita kendaraan semrawut dan macet di pusat ekonomi paling aktif di Jogja ini. Yang ada kemudian adalah uji coba program pendestrian Malioboro.

pendestrian malioboro
instagram.com/ernarosmalindaa

Rencananya, uji coba program pendestrian Malioboro ini bakal digelar selama 2 pekan terhitung mulai Selasa, 3 November 2020. Uji coba ini bakal berlaku mulai pukul 06.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Namun untuk hari pertama baru akan dimulai pukul 11.00 WIB. Sementara itu untuk jalur lalu lintas area sekitar Malioboro akan berlangsung selama satu hari penuh atau 1×24 jam.
Mekanisme Program Pendestrian Malioboro

Dikutip dari Harian Jogja, Plt Kepala Dinas Perhubungan DIY Ni Made Dwi Panti Indrayanti menegaskan bahwa mekanisme program pendestrian Malioboro akan tetap sama dengan uji coba sebelumnya. Dimana semua kendaraan bermotor tidak diperkenankan masuk.

Hanya saja untuk angkutan perkotaan hanya TransJogja saja yang diizinkan untuk melintas. Selain itu masih ada kendaraan kesehatan, pemadam kebakaran dan petugas patroli.

Baca juga: Pengen Ke Malioboro ini Aturannya Atau Siap Diputar Balik

Tujuan Pendestrian Malioboro

Adapun tujuan dari pendestrian ini adalah untuk lebih memberi kenyamanan bagi mereka yang melintas, khususnya wisatawan yang tengah berlibur di Malioboro. Diharapkan nantinya tidak ada lagi suara bising akibat lalu lalang kendaraan bermotor. Selain itu pastinya akan memperbaiki kualitas udara karena polusi berkurang.

Mereka yang akan melintas ke arah selatan akan diarahkan untuk melalui sisi timur. Sementara itu yang melintas ke arah selatan akan berjalan di sisi barat.

Kendaraan Bermotor Ingin Melintas, Gunakan Sirip Malioboro

Sementara itu bagi siapa saja yang ingin melintas maka dipersilakan sirip-sirip Maliboro. Dimana jalur tersebut masih bisa dilalui kendaraan bermotor.

Hanya saja sekali lagi untuk masuk Malioboro dipastikan tidak akan diizinkan. Selain itu telah disiapkan beberapa titik atau kantong parkir yang strategis. Mau memulai perjalanan dari sisi utara atau selatan sama nyamannya.

Sepeda Boleh Masuk Tapi Tak Boleh Berhenti

Penasaran dan ingin tetap masuk masih bisa selama menggunakan sepeda. Namun demikian jangan coba-coba untuk berhenti karena disejumlah titik telah disiapkan petugas untuk kawal program pendestrian Malioboro.

Bagi mereka yang ingin berhenti disarankan untuk berhenti di sirip-sirip Malioboro. Pun demikian dengan andong dan becak juga akan ditata sedemikian rupa untuk mempercantik kawasan Malioboro.

Nantinya bila ujicoba ini sukses maka bisa dipastikan pendestrian Malioboro akan segera diberlakukan. Mengingat selama ini uji coba baru ditetapkan pada Selasa Wage dan belum bisa memberikan gambaran utuh.

Bagi pemilik usaha pun tidak perlu khawatir karena pemerintah akan memperhatikan proses bisnis mereka. Terutama terkait dengan bongkar muat dagangan yang bisa dilakukan malam hari mulai pukul 22.00 WIB hingga pagi sebelum pemberlakukan pendestrian.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *