Ada pemandangan menarik saat berkunjung ke Teras Malioboro 1 khususnya di Ruang Cendrawasih. Di mana ada puluhan UMKM mengikuti bootcamp digital marketing dan mempelajari seluk beluk dunia digital aplikatif.
Tak perlu waktu lama beberapa website atas nama brand UMKM pun langsung bisa ditemukan di mesin pencari. Kerja apik ini atas kolaborasi Qwords dan Diskop UKM DIY serta dukungan penuh dari PLUT Jogja, SiBakul Jogja, Teras Malioboro, Aspire dan PANDI.
Bootcamp digital marketing ini akan berlangsung selama 3 hari dan berakhir pada 13 Juli 2024. Berbagai insight baru dihadirkan kepada para peserta, mereka yang menjadi mentor dalam bootcamp ini adalah para praktisi dan orang-orang yang ahli dibidangnya.
Tujuan dari bootcamp ini tak lain adalah memperkenalkan kepada UMKM terkait pentingnya pemahaman konsep bisnis digital. Selanjutnya para pelaku UMKM mampu meningkatkan omset penjualan dan mengembangkan market audience.
Bootcamp ini Bukan yang Pertama
Bootcamp yang melibatkan para pelaku UMKM Teras malioboro ini bukanlah yang pertama kali diselenggarakan. Hal ini karena program telah berjalan 10 batch sejak 3 bulan lalu dengan total peserta 221.
Mereka yang menjadi peserta adalah para pelaku UMKM yang telah memahami pentingnya menggarap pasar yang lebih luas. Hal ini karena dengan teknologi digital maka area pemasaran hingga bisa keluar negeri.
Beberapa materi yang akan diajarkan selama bootcamp antara lain membuat website, copywriting, SEO, ads, sosial media, penggunaan payment gateway) hingga omnichannel untuk marketing. Sesuatu yang bisa dikatakan baru bagi pelaku UMKM konvensional yang terbiasa melakukan transaksi jual beli secara langsung.
Berbicara tentang output, kegiatan menarik ini diharapkan mampu membangun traffic website bisnis bait itu secara gratis maupun berbayar. Peserta juga akan mendapatkan pendampingan atau monitoring hingga 6 bulan ke depan.
Dengan cara ini para pelaku UMKM akan merasakan manfaat atau dampak positif dari bootcamp. Hal ini secara tidak langsung tentu akan mendongkrak perekonomian masyarakat Jogja dan sekitarnya.
Cara Mengikuti Pelatihan Digital Marketing Gratis
Bila Anda adalah salah satu pelaku usaha dan tertarik untuk mengikuti bootcamp ini maka harap perhatikan ketentuan berikut ini. Mereka yang menjadi peserta adalah pelaku UMKM di wilayah DIY dan cukup mengisi form s.id/kelas-digmar.
Nantinya panitia akan melakukan seleksi siapa saja yang akan mengikuti program ini. Jangan lupa untuk membawa laptop pribadi dan menyiapkan foto produk bisnis.
Komitmen untuk mengikuti kegiatan hingga berakhir juga menjadi poin yang sangat diperhatikan. Hal ini karena ada beberapa pelaku UMKM yang tidak mampu menyelesaikan pelatihan dan seyogyanya bisa digunakan oleh mereka yang benar-benar ingin belajar serius.