Radang Tenggorokan Mengganggu Aktivitasmu? Minum 5 Ramuan Teh Jahe Terbaik Ini!

Radang tenggorokan yang dalam bahasa medis disebut sebagai faringitis biasanya terjadi karena infeksi bakteri atau virus pada saluran pernapasan atas. Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja, namun umumnya lebih banyak diderita oleh anak kecil dan remaja.

teh tong tji
instagram.com/eganiaaa

Selain disebabkan oleh infeksi, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh alergi, atau iritan seperti polutan, asap rokok, dan substansi kimia lainnya. Sementara dalam persentase-nya, sekitar 40-60% radang tenggorokan disebabkan oleh virus, dan sisanya disebabkan oleh alergi, polutan, asap roko, dan lain-lain.

Apabila terjadi gejala seperti rasa tidak nyaman pada tenggorokan, sakit kepala, nyeri otot, batuk, demam dan pilek, bisa dipastikan kamu akan mengalami radang tenggorokan. Segera atasi dengan menjauhi berbagai makanan yang dapat memperparah kondisi tersebut seperti minuman dingin, makanan berlemak, pedas serta aneka makanan dan minuman yang terlalu panas.

Penyembuhan radang tenggorokan memang tidak memerlukan obat-obatan, karena biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Namun jika dibiarkan, radang tenggorokan akan membuat kamu merasa tidak nyaman dan sangat mengganggu aktivitasmu. Untuk itu, jika sudah terjadi segera lakukan pengobatan alami, salah satunya dengan membuat teh jahe.

Ramuan teh jahe dipercaya mampu mengatasi radang tenggorokan yang kamu derita. Berikut beberapa ramuan teh jahe yang bisa kamu buat sendiri di rumah.

1. Teh Jahe Original
Bahan-bahan yang diperlukan tidak terlalu banyak, cukup menyediakan jahe, teh tubruk atau teh celup (seperti teh Tong Tji Premium atau teh Tong Tji Celup Jasmine), dan sedikitnya 2 cangkir air mineral.

Pembuatannya pun cukup mudah, terlebih dahulu kamu harus membersihkan jahe dari kotoran seperti tanah, lalu potong-potong seukuran ½ cm. Selanjutnya panaskan 2 cangkir air sampai mendidih dan masukan teh serta jahe yang sudah disiapkan tadi.

Kecilkan api, diamkan sebentar antara 5-10 menit atau bisa disesuaikan. Setelah itu siapkan cangkir atau gelas, lalu saring ramuan tadi kedalam gelas untuk memisahkan ampas teh dan juga jahe.

2. Teh Jahe Lemon Madu
Tidak berbeda dengan ramuan sebelumnya, kamu cukup menyediakan beberapa bahan seperti jahe, teh dan air ditambah dengan lemon serta 1 sendok madu.

Dalam pembuatnya pun tidak begitu beda dengan ramuan sebelumnya, pertama-tama parut 2,5 cm jahe lalu tambahkan air, 2 sendok air lemon dan 1 sendok madu. Rebus hingga mendidih, saring dan minum selagi hangat.

3. Teh Jahe Bakar
Siapkan 2 siung jahe segar atau jahe merah jika ada, teh hijau atau teh celup seperti teh Tong Tji di atas, gula merah secukupnya.

Bakar jahe sebentar, seduh teh dengan air panas, tambahkan irisan jahe, dan beri gula merah secukupnya.

4. Teh Jahe Lemon Mint
Persiapkan bahan-bahan 2 gelas air, irisan lemon, jahe, 12 daun mint, dan 1 sendok teh, dan madu.

Tuangkan air kedalam panci kecil beserta teh, irisan lemon, dan irisan jahe kedalam panci kecil, panaskan sampai mendidih, lalu kecilkan api. Tambahkan 10 daun mint kedalam panci, didihkan kembali selama 10 menit. Tambahkan madu 1 sendok madu, dan saring.

5. Teh Jahe Lemon Maple
Sedikit lebih kreatif kamu juga bisa membuat teh jahe lemon maple dengan cara yang sama seperti ramuan-ramuan sebelumnya, kamu cukup menambahkan sirup maple. Lemon memberikan vitamin C, jahe dapat menghilangkan rasa sakit, dan sirup maple untuk menyegarkan tenggorokan.

Selain meredakan radang tenggorokan, menurut herbalis Dr. John R. Christopher teh jahe juga memiliki banyak manfaat yang diantaranya :
● Mengatasi kram dan nyeri otot.
● Membantu tubuh menyerap nutrisi
● Meringankan sakit perut,
● Menurunkan berat badan,
● Perlawanan terhadap kanker
● Mengatur gula darah
● Meningkatkan sirkulasi darah
● Memperbaiki saluran pencernaan
● Melindungi terhadap penyakit Alzheimer.
● Mengurangi peradangan rematik
● Meringankan ketidaknyamanan menstruasi
● Meredakan stres
● Merangsang nafsu makan dan masih banyak lagi

Dari sekian banyaknya manfaat dari minum teh jahe, tentu ramuan dan minuman ini bisa dijadikan salah satu minuman kesehatan yang dikonsumsi setiap hari, bahkan ketika kamu tidak merasa sakit sekalipun. Alih-alih minum teh yang menyehatkan, mungkin 10 ulasan berikut bisa jadi referensi tempat minum teh terbaik di Indonesia saat ini. Semoga bisa minum teh bareng disana ya.. 🙂

Pos terkait