Tolpit, Kuliner Jadul Bantul Yang Tak Sevulgar Namanya

Mendengar kata tolpit mungkin ada yang akan bertanya-tanya makanan sebangsa apa. Namun bagi kamu yang belum pernah mencicipinya tak perlu kuatir.

Bacaan Lainnya
tolpit
wikipedia.com

Mungkin agak sedikit jorok tapi tolpit sejatinya adalah nama makanan dari Sanden. Benar-benar kuliner khas Bantul yang nyaris punah.

Tolpit yang merupakan akronim dari “Kont*l Kejepit” dan memiliki nama asli adrem. Penamaan yang cukup ekstrim ini karena memang bentuknya seperti kont*l kejepit.

Meski namanya ngeri-ngeri sedap tapi soal rasa tak kalah dengan kuliner modern yang saat ini beredar. Panganan ini berasal dari daerah Sanden, Bantul dan dibuat dari tepung beras dan gula jawa yang di goreng.

Kini untuk menikmati sajian kuliner khas warga kampung ini tidak semudah dulu. Pasalnya jumlah pedagangnya tidak sebanyak dulu. Hanya ada di pasar tradisional dan hati-hati ketika bertanya kepada pedagang. Bisa jadi bila salah persepsi akan terjadi keributan.

Berdasar beberapa informasi yang ada Tolpit juga dapat diartikan dengan “mana tahan.” Ungkapan tersebut muncul dari pernyataan begitu enak manakala alat kelamin kaum Adam terjepit.

Bentuk unik dari Tolpit ini berasal dari proses pembuatannya. Saat di goreng kue adrem ini ternyata dijepit menggunakan bilah bambu.

Walhasil bentuknya benar-benar menyerupai apa yang tertulis di atas. Bisa jadi bila seseorang berpikir jorok akan menafsirkan dengan sesuatu yang berbeda.

Banyak diantara para pemburu kuliner langka ini yang sengaja datang ke Pasar Sanden. Bukan untuk menikmati kelezatan Tolpit saat masih hangat.

Untuk menuju pasar yang satu ini juga sangat mudah. Bila berangkat dari Kota Jogja tinggal mengambil jalam lurus di Jalan Bantul dan nanti akan ketemu pasar Sanden.

Bila beruntung tidak perlu sampai ke Kecamatan Sanden. Terkadang masih ada beberapa pedagang di pasar tradisional lain yang mencoba peruntungan menjajakannya.

Mereka rata-rata hanya penasaran dengan bentuk kuliner yang memiliki nama tak lazim. Bila kamu juga penasaran dengan bentuk dan rasa aslinya silakan datang untuk menikmati sajian unik ini.

Soal harga juga tak perlu kuatir karena benar-benar ramah kantong. Yang penting siapkan mental saat akan bertanya kepada ibu-ibu pedangang.

Selamat berburu Tolpit….

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *