Tahap Pertama Setidaknya 2,2 Juta Vaksin Covid-19 Akan Masuk DIY

  • Whatsapp

Kabar gembira, dalam waktu dekat setidaknya 2,2 juta vaksin Covid-19 akan masuk Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Informasi ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan DIY, Pembajun Setyaningastutie via video konferensi beberapa waktu lalu.

vaksin covid-19
shutterstock.com

Menurutnya angka vaksin Covid-19 tahap pertama tersebut belum fix karena bisa berubah, bisa naik atau turun. Sementara itu Dinas Kesehatan DIY hingga saat ini masih terus melakukan pendataan.

Untuk itu menjadi penting diketahui semua masyarakat siapa saja yang berhak mendapat prioritas. Hal ini karena dari pemerintah sendiri terdapat beberapa ketentuan terbaik mereka yang berhak diprioritasan.

Baca juga: Tas Siaga Covid

Mereka yang Siap Menerima Vaksin Tahap Pertama

Setidaknya ada beberapa ketentuan mereka-mereka yang akan mendapat suntikan vaksin tahap pertama ini. Mereka adalah warga dengan rentan usia antara 18 tahun hingga 59 tahun dan tidak memiliki penyakit penyerta atau yang biasa dikenal dengan komorbid.

Selain itu masih menurut Kadis, mereka adalah orang-orang yang tidak pernah terpapar Covid-19. Menjadi penting pula untuk dipastikan bahwa yang bersangkutan tidak memiliki riwayat atau sedang menderita penyakit infeksi.

Tujuan Vaksin Covid-19

Pada kesempatan yang sama juga dijelaskan bahwa pemberian vaksin ini bertujuan untuk melemahkan virus yang ada dalam tubuh seseorang. Vaksin ini tak ubahnya seperti yang lain dimana ada bibit penyakit yang telah dilemahkan. Tujuannya sudah pasti untuk merangsang antibodi dan menciptakan kekebalan dalam tubuh.

Vaksin Covid-19 tahap pertama dimaksud kemungkinan besar adalah jenis Sinovac yang diproduksi Tiongkok.

Saat ini Dinkes DIY pun tengah melakukan sosialisasi ke masyarakat luas. Mereka juga melakukan hal serupa kepada vaksinator atau petugas yang akan menyuntikkan vaksin. Dengan demikian bila saatnya tiba maka semua telah siap.

Jangan Kasih Kendor

Menjadi perhatian bagi semua pihak tentunya, hingga vaksin covid-19 ini diterima semua pihak maka protokol kesehatan ketat tetap harus dipertahankan. Hingga saat ini setidaknya sudah lebih dari 587 ribu warga yang terpapar.

Jumlah korban meninggal pun sudah lebih di angka 18 ribu dengan tingkat kesembuhan diangka 483 ribu. Data diambil per 9 Desember 2020. Semoga dengan adanya virus yang telah masuk tanah air maka angka tersebut dapat ditekan seminimal mungkin.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *