5 Kampung di Jogja yang Mendunia dengan Keunikkannya

Tak ada yang menyangka kalau ada 5 kampung di Jogja yang mendunia. Masing-masing memiliki keunikan atau keistimewaan yang bisa dibilang tidak ada di kampung lain.

Kampung unik tersebut tidak terjadi seketika tapi melalui proses panjang hingga kemudian menjadi buruan wisatawan asing. Kalau saja mereka yang diluar negeri berbondong-bondong untuk datang tak ada salahnya kamu juga tahu 5 kampung di Jogja yang mendunia tersebut;

Bacaan Lainnya

1. Kampung cyber

kampung cyber jogja
visualjalanan.org

Kampung cyber atau kampung internet begitu banyak orang menyebutnya. Hal ini tidak terlepas karena dikampung tersebut bisa dibilang masyarakatnya melek internet semua.

Kampung Cyber tersebut berada di RT: 36, RW: 09, Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Jogja. Di kampung padat penduduk tersebut juga terdapat galery dan sanggar karena mayoritas mereke adalah pengrajin batik dan lukisan.

2. Kampung Prawirotaman

kampung prawirotaman
lihat.co.id

Tak jauh dari kampung internet terdapat pula kampung unik karena banyak ditempati warga asing. Kampung bule demikian masyarakat sekitar menyebutnya karena kebetulan mayoritas penghuni adalah orang berkulit putih.

Bukan karena mereka warga asli Kampung Prawirotaman, melainkan mereka adalah warga asing yang liburan di Jogja dan bisa berminggu-minggu dalam tiap kunjungan. Alasan biaya penginapan yang murah dan ada dipusat kota tentu menjadi alasan utama.

3. Kampung Ketandan

kampung ketandan
teraswarta.com

Lain lagi dengan kampung yang satu ini dimana mayoritas penghuninya adalah warga Tionghoa. Berdekatan dengan Malioboro dan Beringharjo membuat mayoritas diantara mereka bekerja sebagai pedagang yang ulung.

Kampung Ketandan ini bisa dikatakan Pecinan-nya Jogja karena tiap kali Imlek selalu menjadi pusat acara. Untuk menuju kampung yang satu ini juga sangat mudah karena ada dipusat kota.

4. Kampung Kasongan

kasongan jogja
fototrenindonesia.com

Berbeda dengan tiga kampung yang ada di pusat kota maka untuk Kasongan ini ada dipinggiran Kota Jogja. Berada disisi Jalan Bantul membuat kampung ini begitu mudah ditemukan.

Terlebih disepanjang jalan mereka memajang Gerabah sebagai komoditi terbaik mereka. Meski dikerjakan dengan manual (bukan industri besar) tapi karya mereka telah tersebar di seluruh penjuru dunia.

5. Kampung Teletubbies

rumah teletubbies jogja
rooang.com

Pernah nonton film Teletubbies dan penasaran ingin ada diperkampungan unik tersebut. Datang saja ke Jogja tepatnya ada di Desa Nglepen yang letaknya tak jauh dari Candi Prambanan.

Dikampung unik ini kamu bisa berjalan-jalan dan melihat lebih dekat seperti apa isi dalam rumah dome tersebut. Lebih dari itu kampung ini adalah kampung bebas gempa karena struktur bangunannya dibuat tahan gempa.

Nah unik dan seru bukan, ayo kapan kita kemana kalau bukan ke Jogja aja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *