5 Objek Wisata di Sleman Yang Menggeliat Sejak 2014

  • Whatsapp

Dalam beberapa bulan terakhir ini di Sleman mulai bergairah dalam penataan objek wisata yang cukup beragam mulai dari wisata air, wisata bukit, wisata situs hingga desa wisata.

lava bantal jogja
instagram.com/atiragafar

Sebenarnya beragam objek wisata tersebut bukanlah sesuatu yang baru. Hanya saja dulu belum dikelola dengan baik. Namun kini dengan berbagai sentuhan dan kreatifitas maka lokasi tersebut bisa jadikan objek wisata dan menambah penghasilan masyarakat setempat.

Objek wisata di Sleman yang dulunya kurang diperhatikan tapi kini telah dikelola dengan baik antara lain :

1. Blue Lagoon di Ngemplak

Mata air jernih berwarna biru ini sebenarnya bernama Tirta Budi dan ada di Widomartani, Ngemplak. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini untuk mandi atau sekedar cuci kaki sembari melihat keindahan yang ada dibawah air.

2. Bukit Sunrise Sumberwatu di Prambanan

Sesuai dengan namannya tempat ini memang dipersiapkan untuk menikmati matahari terbit. Jadi ada baiknya sampai di lokasi sebelum pukul 05:00 WIB agar benar-benar bisa menikmati keindahan mentari. Dan diatas bukit telah ada gazebo yang siap menemani dalam membunuh waktu.

3. Lava Bantal di Berbah

Lava bantal bisa dibilang merupakan cikal bakal dari sejarah pulau Jawa dan berada di Dusun Watuadeg, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, kabupaten Sleman. Dari tempat ini pengunjung bisa belajar tentang sejarah khususnya tentang gunung api purba yang telah ada sejak 60 juta tahun yang lalu.

4. Monumen Plataran Selomartani di Kalasan

Memiliki nama resmi Monumen Perjuangan Taruna AKMIL dan berhubung ada di Dusun Plataran Kiyudan, Desa Selomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman maka masyarakat sekitar lebih banyak menyebutnya dengan Monumen Plataran. Disini ada patung yang ikonik karena ukurannya cukup besar.

5. Wisata Sepeda di Turi

Bagi yang kurang suka dengan hiking mungkin bersepeda menjadi pilihan yang bisa diambil. Menyusuri jalan setapak di Kecamatan Turi yang masih asri tentu menjadi pengalaman berbeda. Ditambah dengan adanya pemadangan alam pedesaan yang asri dan sejuk karena berdekatan dengan Gunung Merapi tentu akan memberi kesan berbeda.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *