Desa Wisata Kembang Arum Tawarkan Wisata Edukasi Bersama Alam

  • Whatsapp

Desa Wisata Kembang Arum menjadi salah satu objek wisata unggulan dari Kabupaten Sleman. Desa wisata yang berada di Dusun Kembang Arum, Desa Donokerto, Kecamatan Turi ini mampu menghadirkan wisata edukasi atau pendidikan bagi semua tamu yang datang.

desa wisata kembang arum
desawisatasleman.wordpress.com

Belajar dan bersenang-senang di alam. Hal itu menjadi daya tawar dari wilayah yang dulunya hanyalah desa biasa. Tapi berkat tata kelola yang baik kini Kembang Arum menjadi objek wisata alternative yang bisa dipilih.

Aneka permainan tradisional seperti gobak sodor, dakon atau congklak, engklek, egrang dan lain-lain bisa dilakukan di depan pendopo. Kegiatan seru dan menantang biasa digelar disepanjang sungai dan area persawahan yang ada di pinggiran desa.

Bahkan mandi di kali atau sungai bisa menjadi pengalaman yang sangat menarik. Tak banyak sungai yang masih jernih dan bisa digunakan untuk mandi tanpa harus takut akan rasa gatal. Tapi di tempat ini semua itu bisa di dapat.

desa wisata kembang arum
plesirwisata.wordpres.com

Desa wisata ini berkomitmen untuk membuktikan jargon “Anda datang senang, pulang tambah pintar.” Untuk membuktikannya pelan tapi pasti segala sarana dan prasarana serta aktifitas digelar ditempat ini.

Kegiatan yang tak boleh dilewatkan adalah melukis dan membatik. Apapun hasilnya para tamu berhak membawa pulang atas karya yang mereka buat.

Terlepas bagus atau tidak bagusnya sebuah karya itu relative tapi pengalaman yang didapat sudah pasti akan menambah wawasan yang ada.

desa wisata kembang arum
sekolahtumbuh.org

Bisa dibilang cikal bakal desa wisata ini karena adanya pendopo yang digunakan untuk Sanggar Lukis Pratista. Dari sanggar lukis ini berkembang ide untuk membuat desa bisa menjadi lebih berkembang dengan melibatkan partisipasi aktif seluruh masyarakat yang ada.

Fasilitas yang ada juga sangat lengkap. Bahkan di desa ini telah disediakan cottage yang “ndeso” bangat sehingga membuat siapa saja yang tinggal akan serasa di kampung secara utuh. Bangunan di buat dari bambu dan beralas lantai jadul tentu akan memberi pengalaman berkesan bagi orang yang pernah menempatinya.

Untuk menuju tempat ini tidaklah begitu sulit. Hal ini karena memang lokasinya cukup populer untuk masyarakat setempat. Terlebih arah yang dituju adalah arah menuju Gunung Merapi sehingga bisa dijangkau oleh semua orang.

Kalau menggunakan angkutan umum bisa memilih angkutan arah Tempel kemudian turun di Pasar Sleman. Selanjutnya dari pasar ini bisa memilih angkutan D4 yang menuju melewati Desa Wisata Kembang Arum.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *