Catat Tanggalnya, Berikut Agenda FKY 2020 Siap Digelar

  • Whatsapp

Bagi pecinta seni budaya, khususnya di Jogja siap-siap dalam waktu dekat akan digelar Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY 2020). Mengusung tema Mulanira #2 dengan subtema “Akar Hening di Tengah bising” menjadi sarana yang pas sebagai pengingat bagi siapa saja.

fky mulanira
fkymulanira.com

Dari subtema tersebut dapat diartikan bahwa meski kita berada di keramaian tetap ada celah bagi kita untuk berproduksi pengetahuan. Memperlebar celah-celah yang mungkin terlupakan dan sudah saatnya untuk kembali mempertajam apa yang ada dalam diri kita.

Baca juga: Yang Beda dan Perlu Kamu Tahu dari ArtJog: Resiliance

Festival Kebudayaan Yogyakarta Bukan Festival Kesenian Yogyakarta

Mungkin ada sebagian yang belum tahu bila kini FKY memiliki arti yang lebih luas dari FKY yang sebelumnya. Hal ini karena event tahunan sebelum 2019 memiliki kepanjangan Festival Kesenian Yogyakarta.

Hanya saja sejak 2019 berubah nama menjadi Festival Kebudayaan Yogyakarta. Alasannya karena ‘kebudayaan’ lebih bisa menjangkau yang lebih luas.

Bila dulu seni itu identik dengan seni lukis, seni tari dan teater maka kini telah menjadi satu bagian dari budaya baik itu berupa olahraga tradisional, ritual, aneka tradisi dan lain-lain. Semua yang ada di DIY akan dikemas menjadi satu bagian tak terpisahkan dengan namanya budaya.

Mulanira #2

Tema yang diusung untuk tahun ke 2 ini tetap Mulanira, sama seperti di tahun 2019 lalu. Mulanira memiliki arti muasal, pada awalnya, wiwitan, penciptaan, kelahiran dan dalam bahasa Inggris memiliki arti ‘origin’ atau ‘beginning’.

Tema ini diharapkan sebagai awal atau kemunculan agenda-agenda baru. Terlebih dengan adanya pandemi Covid-19 dimana semua orang harus bangkit dan tumbuh kembali.

Agenda FKY 2020

Tak ingin larut dengan kesedihan yang diakibatkan masuknya Covid-19 maka pihak panitia menggelar FKY 2020 dengan segala kreatifitasnya. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang digelar selama 18 hari maka tahun ini hanya digelar selam 6 hari.

Tepatnya mulai tanggal 21 hingga 26 September 2020 dan berikut rinciannya.

21 September : Pembukaan FKY 2020, Pameran Seni Rupa di Museum Sonobudoyo, Radio FKY

22 September : Pameran Seni Rupa di Museum Sonobudoyo, Radio FKY

23 September : Highlight FKY ‘Webinar Konferensi Pertunjukan dan Teater Indonesia, Pameran Seni Rupa di Museum Sonobudoyo, Radio FKY

24 September : Highlight FKY Pertunjukan Orkes Music Keroncong, Pameran Seni Rupa di Museum Sonobudoyo, Radio FKY

25 September : Pameran Seni Rupa di Museum Sonobudoyo, Radio FKY

26 September : Penutupan FKY 2020, Pameran Seni Rupa di Museum Sonobudoyo, Radio FKY

Pameran seni rupa tahun ini diikuti 33 seniman. Mayoritas karya yang disuguhkan adalah lukisan, selain itu ada juga patung, instalasi, fotografi, audio visual, dan performance.

Tahun ini menjadi unik dan beda karena tahun sebelumnya semua pengunjung bisa datang ke lokasi yang mengambil beberapa tempat. Tapi tahun ini selain ada kunjungan langsung ada juga yang cukup di rumah saja dan menyaksikan via website mereka di www.fkymulanira.com.

Sebelum pada puncaknya mereka juga menggelar pra-event Mulanira #2. Kegiatan ini berupa kompetisi Dhagelan Bahasa Jawa, Tari Kreasi Mulanira, Photo Challenge, Cerpen Mulanira, Hand Lettering Aksara Jawa pada 25 Agustus hingga 26 September 2020.

Selain itu dikutip dari laman FKY Mulanira terdapat beberapa agenda yang tidak bisa terlewatkan pada:

Senin, 7 September 2020 pukul 16.00 WIB digelar Local Heroes

Senin, 14 September 2020 pukul 16.00 WIB digelar pertunjukan kolaborasi Nafas Tanafas

Dengan semua agenda itu tentu bikin harimu makin gokil meski di rumah saja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *