Berburu Sunset di Puncak Gunung Ireng

Gunungkidul tidak hanya tersohor akan keberagaman pantainya yang indah. Sudut lain dari wilayah berkarst ini juga menyimpan deretan gunung-gunung cantik lengkap dengan view alamnya yang patut untuk di eksplore.

gunung ireng jogja
instagram.com/azza_azzol

Gunung Ireng merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata pegunungan yang terletak di ujung kota Jogjakarta. Gunung nan indah ini berlokasi tak jauh dari Nglanggeran di Dusun Srumbung, Desa Pengok, Kecamatan Pathuk, Gunungkidul.

Nama Gunung Ireng sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya gunung hitam. Gunung Ireng juga sering disebut gunung botak karena tidak ada satupun pohon yang tumbuh di sana.

Untuk keindaan alamnya, wisata Gunung Ireng tak kalah bagus dengan wisata gunung lain di sekitar Jogja. Panorama alam pedesaan serta hamparan sawah di bawah kaki Gunung Ireng menjadi nilai plus dari kawasan wisata tersebut.

Bersepeda adalah alternatif lain yang bisa kamu pilih untuk datang ke Gunung Ireng. Selain lebih santai, bersepeda juga bisa menyehatkan tubuh kita. Namun jangan sampai salah pilih sepeda ya, karena bukan sehat yang didapat malah penyakit yang menyambangi kita.

Sunset di Puncak Gunung Ireng

Untuk kamu pemburu indahnya sunset, lokasi ini merupakan tempat yang tepat untuk kamu kunjungi. Matahari yang seolah tenggelam jauh ke dasar bumi dengan semburat awan merah jambu bercampur orange kelabu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke sana.

Selain mendapat kesempatan melihat sunset, jika beruntung kamu bisa melihat kabut saat turun. Pemandangan ini akan dipercantik dengan rona sinar mentari membuat suasana bak negeri di atas awan.

Obyek wisata pegunungan di Pathuk ini memiliki sejarah unik yang hingga kini masih dipercaya oleh masyarakat sekitar. Konon katanya, Gunung Ireng merupakan hasil dari kemarahan Raden Bratasena kepada para kera yang bermain dan merusak kawasan di sekitar puncak Gunung Merapi.

Ia berniat menendang kera-kera tersebut tapi tendangannya meleset dan mengenai puncak Gunung Merapi hingga terlempar kesegala arah dan salah satunya berada di Dukuh Srumbung ini.

Saat ini, wisata alam Gunung Ireng semakin banyak diminati oleh pengunjung baik dari dalam atau luar kota Jogja. Saat senja tiba, tempat ini sangat ramai dikunjungi para wisatawan yang sekedar ingin foto atau menikmati keindahan alamnya.

Nah, bagaimana, tertarik untuk datang kesana? Perhatikan momennnya dan jangan lupa untuk membawa kamera terbaik mu ya. Have fun guys.

Pos terkait