Daftar Oleh-Oleh Khas Jogja

  • Whatsapp

Berkunjung ke Jogja tak lengkap rasanya kalau tidak bawa oleh-oleh atau buah tangan untuk keluarga di rumah atau rekan kerja di kantor. Dari banyaknya aneka oleh-oleh yang ada tentu ada saja yang sangat khas atau menjadi icon kota Jogja.

gudeg jogja

Berikut beberapa oleh-oleh khas Jogja yang bisa menjadi pilihan :

1. Gudeg

Siapa yang tahu gudeg. Makanan ini begitu melegenda hingga Jogja di juluki Kota Gudeg. Di tiap sudut kota dengan mudah akan ditemukan warung yang menjual gudeg. Namun, bila ingin mencicipi gudeng yang berbeda silakan datang ke Gudeng Mercon yang ada di Jalan Kranggan atau Gudeg Manggar yang ada di Jalan Srandakan.

2. Bakpia Pathok

Makanan ini menjadi satu yang paling popular untuk oleh-oleh. Saat ini telah dimodifikasi sehingga rasanya yang dulu hanya rasa kacang tapi saat ini sangat varatif seperti isi keju dan cokelat. Untuk menuju sentra wisata Kampung Pathok, dari Malioboro cukup membayar Rp 5.000,00.

3. Yangko

Terbuat dari tepung ketan yang diiris-iris menjadi balok atau persegi dan berwarna-warni. Makanan khas dari Kota Gede ini begitu mudah ditemukan dalam toko oleh-oleh. Biasanya diletakkan tak jauh dari bakpia dan geplak.

4. Geplak

Panganan yang terbuat dari kelapa dan gula ini rasanya sangat manis. Mudah ditemukan karena warnanya sangat mencolok dengan aneka warna yang ada bagaikan permen. Warna yang kuat untuk menunjukan rasa yang ada seperti warna kuning untuk rasa nanas.

5. Thiwul Yu Tum

Menjadi terobosan baru dimana thiwul bisa bersaing menjadi oleh-oleh yang wajib dibeli. Saat ini panganan dari telo ini bukan lagi makanan ndeso tapi telah bisa bersanding denganberbagai makanan yang lebih modern. Terlebih thiwul Yu Tum yang telah melegenda dengan segala inovasi yang ada didalamnya.

6. Cokelat Monggo

Cokelat ini menjadi yang khas karena telah menjadi bagian tak terpisahkan dari wisata kuliner Jogja. Selain bisa di dapat di workshop dan toko resmi kini Cokelat Monggo juga telah tersebar dibeberapa toko yang ada di Jogja.

7. Kain Batik

Batik bukan hanya milik Pekalongan saja, tapi di Jogja juga terdapat aneka kerajinan batik yang telah dibuat dalam bentuk baju. Di Pasar Beringharjo terdapat aneka pilihan batik yang murah dan berkualitas. Saat ini yang trend adalah batik sarimbit atau pasangan yang biasanya digunakan untuk acara kondangan.

8. Kaos Dagadu

Kaos ini telah terkenal sejak beberapa tahun yang lalu dan hingga saat ini tetap banyak diburu. Ciri khas dari Kaos Dagadu adalah banyak tulisen nyentrik yang sering kali membuat pembaca mesem kecut atau tertawa geli.

Khusus kamu yang berada di wilayah Sleman kini hadir satu aplikasi yang akan memudahkan kamu dalam berburu oleh-oleh. Aplikasi Cari Aku demikian namanya yang kini sudah bisa di unduh di playstore. Di sini berbagai produk mulai dari kuliner / makanan, kerajinan, fashion hingga furniture akan mudah ditemukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *