Diprediksi, 5 Juta Pelamar CPNS Bakal Rebutkan 197.111 Formasi

  • Whatsapp

Sudah lulus sekolah atau kuliah tahun ini, tak perlu bingung. Pemerintah tahun ini membuka ratusan ribu formasi dan diprediksi tak kurang dari 5 juta pelamar CPNS bakal memperebutkannya.

cpns
lintaspublik.com

Meski belum ada tanggal pasti di kutip dari liputan6.com tapi pihak Badan Kepegawaian Nasional (BKN) yang diwakili Kepala Biro Humas BKN M. Ridwan mengungkapkan besar kemungkina di gelar akhir bulan Oktober atau awal bulan November 2019 ini.

Hanya saja untuk tanggal pastinya nanti akan di informasikan secara langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin.

Angka calon pelamar ini berkaca dari pengalaman rekruitmen periode sebelumnya dimana tahun lalu terdapat 4,6 juta akun masuk dalam sistem sscn.bkn.go.id. Di tambah kemungkinan kenaikan hingga 20 persen maka angka 5 juta pelamar CPNS bukan hal yang mustahil.

Terlebih proses pendaftaran ini bisa dilakukan secara online dimana para calon pelamar bisa input identitas d imanapun ia berada. Hanya saja untuk proses tes peserta harus memilih lokasi terdekat di 108 titik yang telah disediakan panselnas.

Jumlah formasi tersedia tahun ini adalah 197.111 dimana terbagi untuk kementerian atau lembaga sebanyak 37.854 formasi dan sisanya 159.257 formasi untuk 467 pemerintah daerah. Mayoritas tenaga paling banyak di butuhkan adalah tenaga pendidik dan kesehatan.

Meski akan digelar sebentar lagi tapi kamu tak perlu kuatir akan ketinggalan informasi pasalnya pihak panitia akan membuka masa pengumuman selama 15 hari dan 10 hari untuk melengkapi berkas. Perihal proses tersebut tertuang sebagaimana dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS.

Layaknya seseorang yang sedang mencari kerja maka ada baiknya mulai sekarang persiapkan data-data administrasi. Jangan sampai pas hari H kelabakan karena masih ada data yang kurang.

Adapun secara umum dokumen yang harus dipersiapkan antara lain:
1. Kartu Keluarga
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
3. Ijazah legalisir
4. Transkrip Nilai legalisir
5. Pas foto
6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian
7. Surat keterangan bebas narkoba
8. Dokumen pendukung lainnya

Bila semua data itu sudah ada kamu tinggal tunggu pembukaan pendaftaran secara online dan isi form sesuai data sebenarnya.

Selamat mencoba!!!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *