Festival Reog dan Jathilan Digelar Besok di Pantai Sarangan – Krakal

Pantai Sarangan – Krakal akan menggelar festival reog dan jathilan antar kecamatan se-Kabupaten Gunungkidul. Festival ini akan digelar selama dua hari pada Sabtu (18/4) dan Minggu (19/4/2015).

pantai krakal gunungkidul
instagram.com/siskaaprianti06

Peserta akan mewakili dan membawa nama baik kecamatan dimana mereka berasal. Jadi bisa dipastikan akan menjadi pertarungan sengit karena bisa dibilang masing-masing kecamatan memiliki beberapa kelompok reog dan jathilan.

Kegiatan yang akan digelar di panggung terbuka milik Branmantyo Anindito ini digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Kabupaten Gunungkidul. Tujuannya tentu saja untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya masyarakat setempat.

Selain itu menjadi alat promosi yang ampuh untuk menarik wisatawan. Terutama objek wisata pantai dimana festival ini diadakan.

Dipilihnya akhir pekan bukan tanpa alasan. Sudah menjadi rahasia umum kalau objek wisata akan mencapai puncak kunjungan setiap Sabtu dan Minggu di luar hari libur nasional. Kegiatan ini bukan hanya untuk kali pertama tapi Pemda Gunungkidul telah menggelar secara rutin setiap tahunnya.

Nantinya dalam festival ini akan dicari juara I, II dan III serta juara harapan I dan II. Dua grup terbaik untuk masing-masing kategori akan melangkah ke lomba yang lebih tinggi yakni antar kabupaten se-DIY.

Festival reog dan jathilan tingkat DIY akan dilaksanakan pada 7 Juni 2015 bertempat di Halaman Balai Kota Yogyakarta. Catatan untuk peserta festival kali ini adalah mereka yang pernah menjadi juara di tingkat DIY tidak diperkenankan untuk mengikuti kesenian yang banyak dicinta warga Jogja ini.

Pos terkait