Kedung Kayangan, Keindahan Bukit Tegak Lurus dan Batu Bersisik

  • Whatsapp

Bagi warga Kulonprogo tentu tak asing lagi dengan nama Kedung Kayangan. Sebuah bukit setinggi lebih kurang 100 meter dengan kemiringan tegak lurus. Membuat semua orang yang datang berdecak kagum akan keindahannya.

kedung kayangan
bakpiamutiarajogja.com

Sesuatu yang sangat unik dan menarik tentunya, bagaimana mungkin bukit memiliki kemiringan 90 derajat. Kemiringan ini terjadi sejak kapan tak ada yang tahu. Bahkan warga sekitar Kedung Kayangan pun tak tahu asal-usul atau cerita terkait fenomena alam ini.

Bagi yang penasaran bisa melihat langsung dengan datang ke Kulonprogo, tepatnya ada di Dusun Turusan, Desa Pendoworejo, Kecamatan Girimulyo. Untuk sampai lokasi menarik ini sangatlah mudah. Dari Tugu Jogja tinggal melaju ke arah barat hingga melalui Sungai Progo.

Dari perempatan Kenteng, Kulonprogo ini telah nampak bukit Kedung Kayangan yang ada di kanan jalan. Dari tempat ini masih berjalak sekitar 5 kilometer. Bila nanti menemukan SD maka ambil jalan ke kanan. Tak perlu kuatir karena telah ada plang atau penunjuk arah.

Pemandangan menarik selain bukit tegak lurus tentunya adalah bebatuan besar yang ada di bawah bukit. Ukurannya yang diatas rata-rata bisa mengolahragakan kaki karena harus lompat-lompatan.

Dari sekian banyak batu besar yang ada, nampak satu batu yang mencuri fokus. Selain ukuran yang cukup besar masih ada keunikan lain karena batu itu terlihat memiliki sisik. Ada sebagian orang yang menyebut batu itu dengan nama batu bersisik.

Disarankan kalau berkunjung ke tempat ini pada musim kemarau. Selain bisa melihat batu secara utuh karena debit air tipis juga karena faktor keamanan. Bila musim hujan memiliki potensi terjadi banjir yang akan datang secara tiba-tiba. Tapi bila ingin melihat air terjun dengan intensitas tinggi maka datanglah pada saat musim hujan.

Tempat ini tidak hanya menyuguhkan keindahan tebing vertical dan batu-batu besar. Tapi juga satu paket dengan keindahan alam manakala melewati berbagai jalan yang dipenuhi dengan rerimbunan pohon.

Sangat cocok untuk merefresh dalam keheningan setelah cukup lama beraktifitas dengan rutinitas. Terlebih untuk mengunjungi yang satu ini tidak perlu merogoh kocek yang dalam.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *