4 Manfaat Yoga Untuk Perempuan, Kulit Cantik Hingga Kesehatan Reproduksi

Yoga adalah jenis olahraga yang berasal dari India. Bukan sekadar olahraga biasa, yoga juga menggabungkan seni meditasi dan olah tubuh. Sehingga mampu meningkatkan kesehatan secara jasmani dan rohani. Segudang manfaat yoga untuk perempuan akan saya ulas di sini.

manfaat yoga untuk perempuan
pixabay.com

Terutama jika kamu membutuhkan olahraga yang tidak memerlukan banyak gerakan atau berpindah-pindah tempat dari satu lokasi ke lokasi lain. Yoga adalah solusi yang paling tepat untuk dipilih.

Selain memberikan manfaat kesehatan seperti membuat tubuh lebih bugar, yoga juga bisa memperbaiki postur tubuh dan pastinya membuat wajah tampak awet muda. Pikiran juga lebih tenang karena terdapat gerakan untuk merelaksasi pikiran meliputi latihan pernapasan dan meditasi.

Manfaat Yoga untuk Perempuan

Sejatinya manfaat yoga bukan hanya untuk perempuan semata. Tapi kali ini saya ingin lebih fokus membahas manfaat yoga untuk perempuan karena benar-benar bisa dirasakan dalam waktu sekejap.

Selain itu, yoga merupakan jenis olahraga yang sangat disarankan bagi perempuan karena dapat menjaga kesehatan reproduksi. Satu kesehatan yang mungkin bisa jadi tidak diperhatikan oleh banyak kaum hawa tapi menjadi sangat penting.

Gerakan fertility yoga
pixabay.com

Simak penjelasan selengkapnya mengenai manfaat yoga untuk perempuan di bawah ini:

1. Tampak Awet Muda

Salah satu gerakan yoga yang disebut dengan Sirsasana ternyata bisa menjaga elastisitas kulit, proses regenerasi sel lebih cepat. Tanpa disadari hal ini akan membuat mereka yang rajin yoga terlihat lebih awet muda.

Cara ini tentu cocok dimasukkan list dalam cara menjaga kesehatan kulit. Di dalam sirsasana yoga, pose ini termasuk penting dilakukan.

Supaya manfaatnya terasa, tentu saja harus melakukan posenya dengan benar dan tidak boleh asal-asalan. Sirsasana juga membantu proses mengalirkan darah segar yang kaya oksigen ke dalam otak supaya tubuh menjadi lebih fit.

Lakukan pose ini minimal 5 – 10 menit per hari.

2. Menurunkan Berat Badan

Hampir semua gerakan yoga mampu membakar lemak jahat di tubuh sehingga bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Siapapun yang sedang melakukan program diet karena ingin mendapatkan tubuh ideal, yoga bisa menjadi olahraga alternatif

3. Meningkatkan Rasa Tenang dan Percaya Diri

Perasaan cemas atau insecure terhadap diri sendiri tentunya pernah dirasakan bukan? Ditambah masalah yang mungkin sedang dihadapi saat ini membuat makin stress dan seringkali merasa gelisah.

Coba lakukan pose meditasi yang akan menenangkan pikiran. Tak hanya ketenangan batin yang didapatkan.

Gerakan yoga ternyata juga bisa memperbaiki postur tubuh agar tampak ideal. Bila memiliki bentuk tubuh yang ideal tentu meningkatkan rasa percaya diri.

4. Menjaga Kesehatan Reproduksi

Gerakan fertility yoga atau yoga untuk kesuburan sangat bagus untuk kesehatan reproduksi wanita. Hal ini karena dapat memaksimalkan fungsi endokrin yang berperan dalam meningkatkan kesuburan.

Peregangan otot saat melakukan fertility yoga memberikan pengaruh baik salah satunya mencegah penyakit yang dapat mengganggu sistem reproduksi wanita. Oleh karena itu gerakan ini banyak dipilih para kaum hawa.

Itu dia beberapa manfaat yoga untuk perempuan. Jadi, sudah jelas bahwa yoga bukan sekadar olahraga biasa. Akan tetapi juga dapat menjaga kesehatan tubuh dan membuat para wanita tampil percaya diri dengan tampilan wajah yang awet muda, postur dan berat badan ideal.

Tak hanya itu saja yoga juga dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang karena jauh dari stress. Kesehatan fisik dan mental sangat diperlukan untuk menunjang aktivitas setiap hari.

Terutama saat ini ditengah pandemi tentu tubuh membutuhkan imunitas lebih. Jangan ragu untuk rutin melakukan gerakan yoga di rumah meski hanya beberapa menit saja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *