Mantap, Enam Desa di Lendah Miliki Website Desa

Luar biasa, mungkin itu ungkapan yang pas untuk enam desa di Kapanewon Lendah, Kulonprogo. Bagaimana tidak, desa yang terbilang cukup berada di pinggiran ini memiliki website desa.

internet desa
digination.id

Hal ini karena tidak semua desa atau kelurahan belum tentu memiliki website desa. Dengan website yang ada tentu segala informasi dan potensi yang ada di desa tersebut akan lebih bisa di akses oleh banyak orang dimanapun berada.

Minimal yang bisa diakses secara langsung adalah profil desa, anggaran dan kegiatan kemasayarakatan. Sesuatu yang belum tentu bisa diakses oleh siapa saja dengan mudah karena terhalang birokrasi.

Enam desa di Lendah yang telah memiliki website desa ini adalah Desa Bumirejo, Desa Wahyuharjo, Desa Sidorejo, Desa Gulurejo, Desa Ngentakrejo dan Desa Jatirejo. Website desa ini disiapkan oleh Sub Bagian Teknologi Informasi Bagian TI dan Humas Setda Kulonprogo.

Untuk mempertegas bahwa website desa ini bisa digunakan dengan baik maka Bagian TI dan Setda Kulonprogo telah melakukan pelatihan pada Kamis (16/4/2015) lalu. Nantinya tiap desa tinggal mengisi content dengan keadaan yang sebenarnya.

Website desa kini menjadi alat yang paling ampuh untuk mempublikasikan informasi apa yang ada di desa secara massif. Dengan mengetik keyword nama desa maka segala informasi tentang desa terkait akan terakses dengan baik.

Manfaat Website Desa

Website kini memiliki peran yang sangat penting karena ada banyak hal bisa bisa ditemukan di dalamnya. Setidaknya ada 4 hal yang bisa dirasakan langsung bagi masyarakat desa.

1. Informasi Lokal

Manfaat utama website desa tentu saja sebagai sarana informasi kelokalan. Berbagai informasi yang ingin dibagikan perangkat desa kepada warga dapat di sebarkan di sini.

Sosialisasi terkait kebijakan sangat mudah dibagikan. Tinggal posting dan warga langsung bisa mengakses saat itu juga.

2. Cegah Hoax

Berita yang tidak tervalidasi benar atau salah bisa saja muncul dimanapun itu. Namun dengan adanya website ini tentunya akan lebih mudah dalam menangkal berita hoax.

Warga bisa turut berperan serta untuk menangkal berbagai informasi yang tidak benar. Dengan demikian warga akan lebih tenang dengan tidak adanya isu-isu yang tidak tepat.

3. Media Silahturahmi

Sejak zaman dulu kita tahu sama tahu bahwa internet bisa menjadi media paling mudah untuk silahturahmi. Meski tidak harus tatap muka tapi hubungan baik itu akan tetap terjaga.

4. Sarana Belajar Efektif

Meski tinggal di desa bukan berarti terbatas sarana untuk belajar. Mereka yang tinggal jauh dari kota pun kini dengan mudah bila ingin belajar.

5. Memperkenalkan Desa

Kamu yang ingin tahu di desa ada apa kini juga makin mudah. Cukup ketik nama desa dan akan muncul berbagai informasi yang kamu butuhkan.

Cukup akses situs desa maka berbagai informasi yang dibutuhkan akan hadir. Bagi pengelola pun bisa memasukan berbagai materi atau pengetahuan yang sekiranya dibutuhkan dan bermanfaat. Dengan demikian siapapun yang mengakses langsung bisa belajar.

Dengan banyaknya manfaat itu tentu saja website desa akan semakin banyak dan kehadirannya akan terus dinantikan.

Pos terkait