Mau Aman Lihat Gerhana Matahari Total, Ini Caranya

  • Whatsapp

Mungkin hampir semua orang tahu betapa bahayanya melihat gerhana matahari total secara langsung. Tapi kini seiring perkembangan teknologi tak perlu kuatir, ada alat sederhana yang bisa digunakan untuk melihat gerhana matahari total.

Bacaan Lainnya
gerhana matahari jogja
twitter.com/infosenijogja

Bagi kamu yang ingin melihat gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 nanti ada baiknya mulai persiapan dari sekarang.Teknik lubang jarum, demikian banyak orang menyebutnya. Dengan alat yang sangat sederhana dan mudah dibuat maka siapa saja bisa melihat gerhana matahari total tanpa takut paparannya akan merusak mata.

Untuk membuat alat ini cukup menyiapkan alat berupa cutter, penggaris, alat tulis, jangka dan tentu saja jarum untuk melubanginya. Untuk merekatkan bahan satu sama lain bisa menggunakan, lem, doubletape, isolasi, atau lakban.

Bahan utama yang dibutuhkan adalah kertas / kardus atau bahan sejenisnya, alumunium foil yang bisa di dapat dari bungkus rokok dan kertas warna putih. Untuk membuatnya mulailah dengan memotong kertas ukuran A4 dan beri lubang di bagian tengah.

Pada lubang tersebut pasanglah alumunium foil. Cara menempelkan bisa direkatkan dengan lem atau doubletape atau bahan lainnya. Pastikan alumunium foil tidak lepas saat digunakan karena akan menjadi sangat berbahaya.

Bila hal itu telah selesai maka lubangilah alumunium foil tersebut menggunakan jarum. Kertas putih hanya digunakan untuk memastikan bahwa alumunium foil tidak melengkung saat digunakan.

Dengan alat yang sangat sederhana ini siapa saja bisa membuatnya dan tentu saja tidak ada alasan untuk tidak menikmati gerhana mataharu yang terjadi 350 tahun sekali ini di Jogja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 Komentar