Input your search keywords and press Enter.

Tugu Jogja, Lokasi Terbaik Menikmati Gerhana Matahari Total di Jogja

okezone.com

Kabar gembira buat kamu warga Jogja atau yang sedang liburan ke Jogja. Pasalnya Tugu Jogja dinyatakan sebagai salah satu spot paling strategis untuk melihat gerhana matahari total yang hanya terjadi puluhan tahun sekali.

okezone.com

okezone.com


Adapun gerhana matahari total ini akan terjadi pada hari Rabu pagi, 9 Maret 2016. Jogja, tepatnya Tugu Jogja akan melewati peristiwa serupa dalam kurun waktu 350 tahun sekali. Jadi bisa dibilang momentum tersebut benar-benar unik dan special.

Hanya saja dari Jogja gerhana matahari total ini tidak dapat dinikmati secara keseluruhan. Menurut beberapa ahli warga hanya akan melihat sekitar 81%.

Tugu yang berwarna putih dan dinyatakan sebagai icon Kota Jogja ini terpilih sebagai lokasi paling strategis setelah dilakukan survey. Adapun yang melakukan survey adalah Komunitas Penjelajah Langit.

Salah satu kelebihan lokasi tersebut adalah tidak adanya pohon atau bangunan tinggi besar yang menghalangi pengamatan. Bagi kamu yang tertarik dan ingin melihat peristiwa puluhan tahun sekali ada baiknya datang pada pagi buta dan du prediksi gerhana matahari total akan mulai pukul 06.20 WIB.

Gerhana matahari total diprediksi akan terjadi pada pukul 07.23 WIB dan mulai meninggalkan piringan matahari mulai pukul 08.35 WIB. Total ada sekitar 2 jam waktu yang bisa digunakan untuk melihat peristiwa langka tersebut.

Komunitas Penjelajah Langit akan memfasilitasi warga Jogja yang hendak melihat gerhana matahari total dengan teknik pinhole. Dan pinhole ini ternyata bisa dibuat secara mandiri menggunakan kertas untuk melindungi mata.

Seluruh warga yang menantikan peristiwa ini tentu berharap agar peristiwa yang terjadi bertepatan dengan tahun baru Saka ini tidak hujan atau mendung. Bila cuaca kurang mendukung maka view yang muncul tentu tak akan optimal.

Agar proses menikmati gerhana matahari ini bisa berjalan dengan sempurna ada baiknya mengikuti workshop tentang gerhana matahari. Adapun acara tersebut akan di gelar di Taman Pintar pada 28 Februari 2016.

Menulis menjadi hobi kedua setelah berbisnis online Oriflame. Dan keduanya bisa berjalan berbarengan karena banyak ide menulis muncul setelah bertemu dengan banyak orang.

6 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *