3 Tempat Wisata Kuliner Legendaris di Jogja

  • Whatsapp

Jogja merupakan sebuah kota yang populer sebagai destinasi wisata. Deretan pantai, air terjun, gua, candi, museum, pasar seni, atau desa wisata siap menyambut dan membuat liburan Anda lebih berkesan. Tak hanya itu saja tapi ragam kuliner legendaris di Jogja seringkali menjadi tujuan utama.

Liburan ke kota penuh budaya ini, rasanya tidak akan sempurna jika belum melakukan wisata kuliner. Menikmati berbagai kuliner legendaris dengan rasa yang masih dipertahankan sejak dulu pasti akan menambah pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Bacaan Lainnya

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi tempat wisata di Jogja, khusus untuk Anda yang tengah berburu kuliner legendaris di Jogja.

1. Angkringan Lik Man

angkringan lik man
instagram.com/mimi_nainggolan

Keberadaan angkringan selalu lekat dengan Kota Jogja. Di bawah naungan tenda-tenda, orang-orang berkumpul untuk berbincang membahas berbagai isu sosial atau pribadi, sembari menikmati aneka minuman dan makanan berharga terjangkau. Salah satu angkringan terkenal di Jogja adalah Angkringan Lik Man atau yang biasa disebut Angkringan Tugu, yang telah berdiri sejak tahun 1960-an, tak jauh dari Stasiun Tugu.

Nikmati menu khas angkringan, sego kucing, dengan aneka gorengan atau sate sebagai teman makan. Jika haus, Anda bisa memesan minuman seperti nasgitel, susu jahe, atau wedang tape. Nah, jangan lupa juga untuk mencicip lezatnya kopi joss, ya. Kopi hitam ini disajikan dengan tambahan arang membara yang menimbulkan bunyi joss. Rasanya segar dan enak. Pokoknya, para pencinta kopi yang bertandang ke Jogja wajib datang ke Angkringan Lik Man deh.

2. Gudeg Pawon

gudeg pawon

Liburan ke Kota Gudeg, rasanya kurang mantap kalau tidak menikmati kuliner khas dari olahan nangka muda yang bercita rasa manis dan gurih ini. Jika Anda sedang berburu gudeg enak, mampir saja ke Gudeg Pawon. Tempat makan yang sudah berdiri sejak 1958 ini berada di Jalan Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo.

Sesuai namanya, gudeg yang ditawarkan di sini bisa diambil langsung di pawon (dapur). Anda harus rela antre untuk bisa menikmati nasi putih yang dipadukan dengan gudeg basah gurih, sayur krecek pedas, dan lauk seperti ayam kampung atau telur yang menggugah selera. Kalau mau ke sini, Anda harus cepat-cepat supaya tidak kehabisan, ya. Pasalnya, Gudeg Pawon hanya buka di malam hari, mulai pukul 22.30-01.00 WIB saja.

3. Bakso dan Es Buah PK

es buah pk
tribunnews.com

Hapus rasa gerah dan haus dengan datang ke warung Bakso dan Es Buah PK, di Jalan Pakuningratan, Cokrodiningratan, Jetis. Di sini, Anda bisa merasakan segarnya es serut dengan aneka buah segar seperti nangka, alpukat, kelapa muda, sawo, dan cincau. Rasa es buah akan semakin sempurna dengan tambahan sirup khusus dan susu cokelat. Maknyus dan membuat ketagihan!

Selain es buah legendaris yang telah dijual sejak 1973, Anda pun dapat menikmati bakso yang tak kalah lezat. Kuah segar dan gurih berpadu sempurna dengan bakso daging sapi, bakso goreng, mi, potongan tahu, dan sawi. Paket lengkap untuk mengisi perut di siang yang panas.

Nah, beberapa tempat makan tadi wajib masuk daftar wisata kuliner legendaris di Jogja. Masih banyak tempat kuliner di Jogja yang bisa dikunjungi, seperti Mangut Lele Mbah Marto, Bakmi Mbah Mo, Mie Ayam Bu Tumini, atau SGPC Bu Wiryo 1959.

Sempurnakan liburan Anda dengan menginap di hotel Jogja yang murah, yang bisa dipesan lewat situs resmi maupun aplikasi Airy di ponsel pintar. Anda akan mendapatkan kamar dengan fasilitas lengkap, seperti pendingin ruangan berupa AC, jaringan nirkabel gratis, air mineral cuma-cuma, dan televisi layar datar. Untuk menambah kenyamanan saat membersihkan diri, kamar mandi telah dilengkapi shower air hangat dan perlengkapan mandi.

Selesaikan booking hotel Anda dengan pembayaran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, lewat transfer rekening maupun kartu kredit; Anda pun langsung bisa menikmati istirahat yang nyaman sebelum kembali menjelajah Kota Jogja.

Oh iya ada baiknya pula lakukan persiapan sebelum berkunjung karena kondisi yang seperti ini . Selamat berpetualang di Kota Gudeg.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar