Nongkrong Sehat Di Warung Jamu Ginggang

  • Whatsapp

Nongkrong Sehat Di Warung Jamu Ginggang – Warga pulau Jawa khususnya yang bertempat tinggal di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah mungkin tidak asing lagi dengan Jamu. Diolah dari bermacam-macam rempah dan digunakan mengobati penyakit maupun menyegarkan badan yang kelelahan.

jamu ginggong jogja
waktumakan.com

Sayangnya, jumlah penjual jamu tidak terlalu banyak akhir-akhir ini. Mereka seakan tenggelam dalam perkembangan jaman, dimana pola pikir masyarakat mulai meninggalkan kebiasaan ini.  Hanya segelintir orang yang mungkin terpaksa berjualan untuk menyambung hidup.

Bacaan Lainnya

Padahal di masa keemasaannya racikan jamu hanya bisa dinikmati kalangan terbatas seperti anggota kerajaan. Bahkan pekerja yang meracik jamu adalah orang pilihan dengan masa pelatihan yang tidak sebentar. Mereka digembleng untuk menyajikan jamu yang meningkatkan stamina para penghuni istana.

Jamu sendiri mulai dijual secara umum pada jaman Pemerintahan Sri Pakualam VI.  Abdi dalem Bilowo diperkenankan menjualnya kepada masyarakat. Dari jamu gendongan dari rumah ke rumah, abdi dalem Bilowo mulai menjualnya di sebuah warung.

Warung inilah yang kini terkenal di kalangan masyarakat Jogja. Warung jamu ini menyediakan beragam jenis jamu yang menyehatkan. Sehat pria dan wanita sampai yang ringan jamu beras kencur yang menyegarkan.

Warung Jamu Ginggang sendiri masih mempertahankan kesan vintage dari warung jamunya. Jika mampir ataupun nongkrong disini, kesan yang bakal didapatkan adalah kita sedang berlibur ke rumah eyang. Banyak sekali perabotan lama dan klasik yang masih terawat dengan rap dan dipergunakan untuk berjualan.

kedai jamu ginggang
sisiusaha.com

Untuk yang penasaran, yuk mampir di warung jamu Ginggang di Jl. Masjid No 32 Desa Kauman Jogjakarta. Bisa dipastikan kalian betah buat ngobrol disini. Dan untuk para pelancong jangan khwatir, Warung Jamu Ginggang juga menyediakan jamu yang bisa dibawa pulang. Dengan catatan jamu dimasukan dalam wadah dingin. Sssstt… tahan sampai tiga hari lho.

Oh iya catat juga ya jam buka warung jamu Ginggang. Warung ini mulai buka dari jam setengah Sembilan pagi sampai setengah delapan malam. Yuk,nongkrong bermanfaat sekaligus melestarikan budaya nenek moyang. Dijamin balik dari Warung Jamu Ginggang badan jadi seger dan sehat deh!!!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *