Pantai Baru, Salah Satu Objek Wisata yang Paling Dicari

Bicara tentang pantai, Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu provinsi yang memiliki potensi akan wisata pantai. Karena, di tempat ini terdapat banyak pantai, baik yang sudah terkenal maupun yang belum dikenal.

pantai baru bantul
instagram.com/erna_queensha

Gunungkidul adalah salah satu kabupaten yang terdapat banyak pantai. Sama halnya dengan Gunungkidul, Bantul juga memiliki banyak pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Baru.

Letak pantai ini tidak terlalu jauh dari Pantai Pandansimo, Pantai Kuwaru, maupun Pantai Goa Cemara karena hanya merupakan deretan pantai saja. Letak pantai ini tepatnya di Dusun Ngentak, Poncosari, Srandakan.

Untuk mencapai pantai ini juga terbilang sangat mudah. Hanya perlu mengikuti Jalan Raya Bantul hingga Palbapang lalu belok ke kanan menuju Jalan Raya Srandakan.

Setelah itu lurus saja sampai ketemu Jembatan Kali Progo. Ambil kiri sebelum Jembatan Kali Progo, terus saja sampai menemukan plang bertuliskan Pantai Baru.

Di sekitar pantai sudah tersedia berbagai warung meski pantai ini masih tergolong pantai yang baru.

Untuk memasuki pantai ini, hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 5.000,- untuk pengunjung yang menggunakan motor. Harga tiket ini merupakan tiket terusan dari Pantai Baru ke Pantai Kuwaru yang tidak terlalu jauh dari Pantai Baru.

Pantai Baru dengan Ciri Khas Pohon Cemara

Panjang objek wisata ini kurang lebih 4.000 meter, mulai dari Pantai Kuwaru sampai muara Sungai Progo. Untuk menuju ke Pantai Baru itu sendiri, dari areal parkir masih harus berjalan sekitar 400 meter barulah sampai ke lokasi pantai.

Pemandangan Pantai Baru benar-benar sangat indah, pantai ini sangat cocok sebagai tempat pelepas penat, baik untuk keluarga, anak-anak maupun anak muda. Saat ini, pantai yang satu ini sudah cukup ramai dikunjungi apalagi saat hari libur.

Pantai ini juga merupakan salah satu destinasi pantai yang dipilih banyak orang untuk berlibur. Hal ini karena Pantai Baru terus dikembangkan menjadi pantai yang semakin bagus dan indah, sehingga pantai ini menarik minat banyak orang.

Saat siang hari, kita bisa berteduh dari teriknya matahari di bawah rerimbunan pohon cemara yang berada di sekitar Pantai Baru tersebut.

Sampai saat ini, pantai ini terus dikembangkan menjadi wisata alam dan wisata pendidikan yang berbasis teknologi dari kincir angin. Kincir angin itu sendiri digunakan sebagai pembangkit listrik, agrowisata, dan perikanan (sudah ada 10 kolam).

Selain perikanan, ada juga peternakan yang sudah berjumlah 150 kandang. Peternakan itu adalah milik kelompok nelayan yang berjumlah sekitar 96 orang.

Pantai Baru sama seperti Pantai di Kabupaten Bantul lainnya, pantai ini landai. Jadi harus berhati-hati juga ketika bermain disekitar pantai itu. Jangan sampai lupa dan keasyikan bermain, malah tidak memperhatikan keselamatan diri sendiri.

Pos terkait