Bersinarnya Pasir Pantai Wediombo, Keindahan Alami di Pesisir Perbatasan Jogja – Wonogiri

  • Whatsapp

Pantai Wediombo bisa jadi objek wisata pantai paling jauh dari pusat kota Jogja. Hal ini karena letaknya berdekatan dengan perbatasan Gunungkidul dengan Wonogiri, Jawa Timur.

Wediombo, Pantai Pasir Luas Yang Bersinar

wedi ombo jogja
instagram.com/wilda_29

Tapi berkunjung ke pantai dengan hamparan pasir putih tentu menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan. Berada dalam paparan pasir putih yang sangat luas memberi keleluasaan dalam bermain.

Konon, bibir pantai di objek wisata ini adalah yang paling luas di Gunung Kidul. Berbeda dengan kondisi di Pantai Parangkusumo yang terkenal dengan Gumuk Pasir sedangkan di Wediombo terkenal karena luasnya hamparan pasir; jauh lebih luas dari pantai-pantai yang lain.Oleh karena itulah pantai ini disebut pantai Wediombo yang berasal dari kata wedi atau pasir dan ombo atau luas. Jadi secara sederhana dapat diartikan dengan pantai berpasir luas.

Letaknya yang sangat jauh tentu saja membutuhkan waktu yang lumayan panjang juga untuk berkunjung ke tempat ini. Namun jangan kuatir, meski jarak lumayan jauh tapi sepanjang jalan akan terhibur dengan berbagai keindahan alam.

Indahnya Karang di Bibir Pantai Wediombo

Selain itu sebelum sampai di objek wisata utama bisa menikmati tempat lain yang sangat banyak. Tak kurang dari 20 objek wisata pantai dan wisata lain bisa ditemukan sepanjang perjalanan. Yang penting siapkan stamina dan kendaraan yang memadai.

Untuk mencapai objek wisata menarik ini wisatawan harus jalan kaki menuruni anak tangga. Hal ini karena letaknya tidak bersinggungan langsung dengan area parkir yang ada. Tak ada salahnya juga untuk mengambil gambar sebelum turun ke area pantai.

Saat sampai di bibir pantai wisatawan akan disuguhi dengan berbagai batu karang dan coral yang membuat decak kagum. Menurut beberapa masyarakat setempat tempat wisata ini sebenanya lebih tepat disebut sebagai teluk daripada pantai. Hal ini karena di kiri dan kanan akan dibatasi dengan batu karang.

Dari Selancar Hingga Memancing

Ternyata di pantai indah ini bisa juga dilakukan olahraga selancar. Tapi ada baiknya untuk para pemula senantiasa di damping oleh yang benar-benar ahli. Selain karena ombak yang besar tentu saja karena ada sebagian yang terdapat karang yang sanggup menggoyak siapa saja yang lengah.

Berbagai fasilitas ditempat ini juga sudah cukup baik. Mulai dari tempat parkir. MCK, rumah makan atau kafe dan tentu saja tempat ibadah. Selain itu telah ada regu penolong yang siap membantu siapa saja yang membutuhkan pertolongan.

Bagi yang suka memancing di objek wisata yang masuk wilayah Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul ini jug terdapat spot memancing. Tapi letaknya lumayan jauh bagi yang tak biasa jalan kaki. Tapi semua itu akan tergantikan dengan banyaknya ikan berukuran besar yang bisa didapat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *